distribusi sayur dan buah-buahan di Pasar Induk Kramat Jati masih lancar meskipun beberapa daerah sentra pertanian mengalami musibah bencana alam
Jakarta (ANTARA) - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang pangan DKI Jakarta, Perumda Pasar Jaya, memastikan stok sayuran di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, aman menjelang perayaan Natal dan tahun baru.

Asisten Manager Usaha Perumda Pasar Jaya, Harnoto, mengatakan distribusi sayur dan buah-buahan di Pasar Induk Kramat Jati masih lancar meskipun beberapa daerah sentra pertanian mengalami musibah bencana alam.

“Stabilitas distribusi sayur-mayur dan buah-buahan dari berbagai daerah di Sumatera dan Jawa, sampai hari ini masih terkendali dan cukup," kata Harnoto di Jakarta, Senin.

Harnoto menambahkan dengan lancarnya distribusi itu membuat kebutuhan sayur mayur dan buah-buahan untuk wilayah Jabodetabek juga masih bisa terpenuhi.

Dengan terjamin stok sayur dan buah di Pasar Induk Kramat Jati itu juga mampu menekan kenaikan harga akibat kelangkaan stok.

"Sehingga kenaikan harga pun mampu ditekan," ujar Harnoto.

Dia juga mengatakan  banyak konsumen dari beragam kalangan yang berbelanja di Pasar Induk Kramat Jati.

Harnoto menjelaskan di Pasar Induk Kramat Jati tercatat total ada 4.500 pedagang resmi. Setiap harinya sebanyak 20.000 pengunjung pasar yang terdata.

"Harga di Pasar Induk Kramat Jati  masih terjangkau konsumen yang berlatar belakang pedagang eceran dari pasar tradisional dan modern se-Jabodetabek," tutur Harnoto.

Sementara itu, berdasarkan data info harga pangan DKI Jakarta per 28 November 2022 tercatat harga cabai merah keriting di Pasar Induk Kramat Jati Rp24 ribu per kilogram.

Sedangkan harga cabai rawit merah Rp27 ribu per kilogram, harga bawang merah Rp19 ribu per kilogram, bawang putih Rp14 ribu per kilogram, harga tomat Rp13 ribu per kilogram, dan kentang Rp11 ribu per kilogram.
Baca juga: Ongkos pengiriman sayuran dari Pasar Induk Kramat Jati segera naik
Baca juga: Wagub berharap revitalisasi pasar induk tak ganggu aktivitas jual-beli
Baca juga: Harga cabai di Pasar Jatinegara stabil di harga Rp100 ribu/kilogram

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022