untuk memastikan bahan pangan yang dibeli di pasar oleh masyarakat higienis dan aman
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur melakukan pengawasan pangan di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur, untuk memastikan aman dikonsumsi dalam rangka menyambut bulan suci  Ramadhan.
 
Kegiatan pengawasan pada Jumat, langsung dipimpin Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar, didampingi Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Kusmanto, Kepala Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Timur Ali Nurdin, Camat Kramat Jati Igan Muhammad Faisal, dan Lurah Kramat Jati Karman.
 
"Kegiatan ini untuk memastikan bahan pangan yang dibeli di pasar oleh masyarakat higienis dan aman dari zat berbahaya," kata Anwar.
 
Pengawasan itu dilakukan dengan pengambilan sampel pangan, di antaranya sampel dari jenis pertanian dan peternakan.
 
Selain itu, inspeksi mendadak (sidak) itu juga mengecek ketersediaan pangan di pasar tercukupi selama bulan Ramadhan.
 
Anwar berharap dengan adanya pengawasan, masyarakat bisa lebih  aman dalam membeli bahan pangan. Apalagi dalam pelaksanaannya selalu disertai dengan  uji laboratorium dengan melibatkan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur.
 
"Jangan tergiur dengan harga murah apabila bahan pangan tersebut tidak berkualitas dan memiliki zat berbahaya, yang bisa merugikan kesehatan keluarga dan diri sendiri," tuturnya.
 
Sementara itu, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin menjelaskan kegiatan pengawasan pangan tak hanya digelar di Pasar Kramat Jati, melainkan di lima lokasi lainnya yakni Pasar Cijantung, PD Pasar Ciracas, PD Pasar Cibubur, PD Pasar Jambul dan Lokasi Binaan (Lokbin) Makasar.
 
"Total ada 306 sampel yang diuji laboratorium Sudin KPKP di enam pasar tersebut," kata Ali Nurdin.

Dari enam pasar tersebut masing-masing diambil 51 sampel, yakni 24 sampel pertanian, 19 sampel perikanan dan 8 sampel peternakan.

Ali memastikan dari hasil uji laboratorium, semua sampel dinyatakan bebas dari kandungan zat berbahaya.
Baca juga: Jakarta Selatan uji keamanan pangan jelang Lebaran
Baca juga: Wali Kota Jakarta Pusat cek kelayakan pangan pasar modern
Baca juga: DKI jamin ketersediaan dan keamanan pangan jelang Ramadhan

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023