Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Selasa (29/11) mulai dari tingkat suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro turun menjadi 3 persen hingga Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Pertanian (ST) pada 2023.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Bunga KUR turun

Pemerintah menurunkan tingkat suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro menjadi 3 persen demi menghadapi risiko stagflasi serta wujud keberpihakan kepada pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan ibu rumah tangga yang menjalankan usaha produktif.

Keputusan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Pembiayaan Bagi UMKM terkait Evaluasi Program KUR TA 2022 dan Usulan Perubahan Kebijakan KUR 2023.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Cukai minuman berpemanis

Peneliti Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) Agus Widarjano mengatakan cukai untuk Minuman Berpemanis Dalam Kemasan (MBDK) berpotensi menambah pendapatan negara hingga senilai Rp3,7 miliar per tahun.

“Negara diestimasikan akan mendapatkan tambahan penerimaan negara hingga Rp3,7 miliar per tahun apabila memberlakukan tarif III sesuai usulan Kementerian Keuangan,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Rekomendasi kebijakan G20 Bali

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan 26 rekomendasi kebijakan dalam G20 dengan empat kategori kebijakan, yakni terkait penguatan peran wanita dan kesetaraan gender, ekonomi hijau dan SDGs, transformasi digital, serta kebijakan yang berkaitan dengan global value chain.

"KemenKopUKM merekomendasikan penguatan ekosistem bisnis milik perempuan untuk meningkatkan keuntungan dan akses pasar yang lebih baik,” katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Hilirisasi dilanjutkan

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) Suahasil Nazara menegaskan Indonesia akan tetap melanjutkan kegiatan hilirisasi Sumber Daya Alam (SDA) demi mewujudkan sumber pertumbuhan ekonomi baru.

Hal itu harus dilakukan meski Indonesia telah kalah dalam gugatan Uni Eropa di Badan Penyelesaian Sengketa atau Dispute Settlement Body (DSB) Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) terkait larangan ekspor bijih nikel.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Sensus pertanian

Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan Sensus Pertanian (ST) pada 2023 untuk memetakan berbagai permasalahan pertanian dan pangan di Indonesia seperti jumlah dan usia mayoritas petani hingga luas lahan yang dimiliki, untuk dimanfaatkan sebagai basis pengambilan kebijakan oleh pemerintah.

Deputi Bidang Statistik Produksi BPS M Habibullah mengatakan Sensus Pertanian 2023 diharapkan akan menghilangkan duplikasi data terkait pertanian dan pangan yang kerap menjadi persoalan di Indonesia dan berdampak pada masyarakat hingga petani.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022