Ini juga didukung oleh kolaborasi transaksi digital dengan kode QR di ASEAN yang akan lebih mudah setelah lima negara sepakat untuk mengkoneksikan sistem mereka, termasuk QRIS.
Labuan Bajo (ANTARA) - ASEAN Banker Association (ABA) menggelar pertemuan ASEAN Banking Council (ABC) ke-50 yang diikuti sekitar 200 perwakilan asosiasi perbankan dari negara-negara ASEAN untuk menjembatani konektivitas dan keberlanjutan ASEAN melalui inovasi digital.

Ketua Umum Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas), yang merupakan anggota ABA dan tuan rumah pertemuan ABC 2022, Kartika Wirjoatmodjo mengatakan pertemuan ini akan menjadi kesempatan yang baik untuk membangun kerja sama guna menentukan kebijakan yang menguntungkan perekonomian, terutama sektor perbankan.

“Ini juga didukung oleh kolaborasi transaksi digital dengan kode QR di ASEAN yang akan lebih mudah setelah lima negara sepakat untuk mengkoneksikan sistem mereka, termasuk QRIS,” katanya dalam pembukaan Pertemuan ABC ke-50 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat.

Baca juga: Perbanas sebut diperlukan satu paket program pengembangan UMKM

Ia mengatakan mendukung penuh kolaborasi antarbank sentral di ASEAN untuk mengkoneksikan sistem pembayaran dengan kode QR mereka.

Kelima negara yang mulai sepakat mengkoneksikan sistem pembayaran mereka pada 2022 yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand.

“Pertemuan ini akan melanjutkan penguatan kerja sama, pertukaran pengalaman dan ide antara pemimpin perbankan ASEAN dan ahli di dunia digital, yang akan mendorong perekonomian wilayah yang resilien dan solid,” imbuhnya.

Untuk melanjutkan kerja sama, ia mengatakan mengusulkan pembentukan kelompok kerja pembayaran antar negara untuk mewujudkan sistem pembayaran yang inklusif di ASEAN.

“Perbanas melihat terobosan yang dilakukan oleh BI dalam menghadirkan sistem pembayaran yang efektif dan efisien, baik melalui QRIS maupun BI Fast, terbilang sukses. Nah hal ini bisa ditingkatkan skala dan kapasitasnya di level ASEAN,” imbuhnya.

Baca juga: Wamenkeu: Transformasi digital atasi permasalahan sektor keuangan

Ketua Steering Committee ABC Meeting Taswin Zakaria mengapresiasi perwakilan dari masing-masing negara maupun asosiasi yang secara aktif mengusulkan dan merumuskan langkah yang akan diambil untuk merealisasikan berbagai komitmen yang disepakati bersama.

“Semoga pertemuan ABC ke-50 ini bias menjadi booster dan mempercepat interkoneksi melalui inovasi digital,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022