Jakarta (ANTARA) - Holding BUMN Pariwisata InJourney angkat Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba ke dunia internasional melalui gelaran lomba F1 H20 (Perahu Motor Formula 1) Power Boat.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan, pemerintah telah mencanangkan lima DPSP, di mana salah satunya adalah Danau Toba.

"Untuk Danau Toba sendiri kita membawa satu gelaran internasional yakni F1 H20 Power Boat. Gelaran ini agak berbeda, namun sudah diselenggarakan di 39 negara dan Indonesia menjadi negara ke-40. Indonesia juga mendapatkan privilege sebagai pembuka musim lomba atau opening season pada tahun depan di tanggal 24-26 Februari 2023," ujar Maya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin.

Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, bahkan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba luas wilayahnya lebih besar daripada Singapura.

"Fakta-fakta ini yang ingin kita tampilkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia internasional mengenai Danau Toba," kata Maya.

Maya mengatakan, banyak sekali upaya yang InJourney lakukan untuk destination development. Saat ini InJourney sedang melakukan destination development di Danau Toba melalui pembangunan infrastruktur, karena memang infrastruktur merupakan salah satu hal yang dibutuhkan untuk pariwisata.

Terkait infrastruktur, InJourney mendapatkan dukungan yang luar biasa dari Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenko Marves) serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk membangun infrastruktur, amenities, dan fasilitas di Danau Toba serta wilayah sekitarnya.

"Jadi memang kita tidak hanya membawa suatu gelaran, namun juga membangun infrastruktur di destinasi tersebut di mana tujuan akhirnya adalah pemerataan ekonomi. Kita berharap selain pemulihan sektor pariwisata, tetapi juga pemerataan ekonomi di Danau Toba dan sekitarnya," kata Maya.

Gelaran F1 H20 merupakan kejuaraan tingkat tertinggi atau F1 untuk Power Boat dan sudah diselenggarakan di 39 negara, tentu saja ini merupakan suatu kebanggaan pada tahun 2023 akan diselenggarakan di Indonesia.

Kejuaraan F1 H20 ini ditonton oleh 180 ribu orang di seluruh dunia, sehingga gelaran tersebut tentunya akan mempromosikan destinasi Danau Toba ke depannya.

Baca juga: Luhut harapkan balap F1 H2O tingkatkan indeks pariwisata Danau Toba
Baca juga: Holding BUMN Pariwisata siap promosikan Danau Toba lewat ajang F1 H20
Baca juga: KSP minta pemda siapkan SDM penunjang pariwisata di DPSP Danau Toba

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022