Kreator YouTube diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengkapitalisasi dan meningkatkan promosi produk UKM Indonesia.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menegaskan bahwa kolaborasi kreator YouTube dan pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dapat meningkatkan promosi produk lokal.

"Kreator YouTube diharapkan dapat bersinergi dengan pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan dalam mengkapitalisasi dan meningkatkan promosi produk UKM Indonesia," kata Wamendag dalam "Kreator Indonesia Berkarya: Watch Indonesia Grow" yang digelar YouTube di Jakarta.

Dengan demikian, menurut dia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tidak hanya menjadi slogan, tapi juga mewujud dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Mendag: Sinergi tiga pilar dukung pengembangan produk lokal

Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara tahunan "Google for Indonesia" yang akan diselenggarakan pada 7 Desember 2022.

Jerry mengungkapkan, YouTube bekerja sama dengan Oxford Economics sebagai lembaga penasihat ekonomi global guna mengukur peran YouTube dalam pertumbuhan ekosistem kreatif Indonesia dari sisi ekonomi, sosial, dan budaya.

Kreator Indonesia Berkarya sekaligus mewadahi peluncuran hasil riset Oxford Economics tersebut serta mendorong kolaborasi dan peran aktif dari para pemangku kepentingan di Indonesia.

Jerry menambahkan, produk Indonesia yang juga berpotensi diangkat adalah token atau aset kripto.

Kementerian Perdagangan mencatat, nilai transaksi set kripto mencapai Rp64,9 triliun pada 2020 dan Rp859,4 triliun pada 2021.

Pada 2021, rata-rata nilai transaksi tercatat Rp2,35 triliun per hari dan Rp71,62 triliun per bulan.

Potensi tersebut dapat memberi kontribusi pada neraca perdagangan Indonesia mendatang jika token lokal dikelola dan diangkat dengan serius.

"Perlu saya tekankan lagi, kripto di Indonesia diberlakukan sebagai aset atau komoditas, bukan sebagai alat pembayaran. Pengaturan aset kripto ditangani Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)," imbuh Wamendag.

Baca juga: Sarinah bentuk trading house, bantu ekspor produk lokal

Sementara itu, terkait digitalisasi, menurut Wamendag Jerry, pemerintah telah menargetkan digitalisasi tidak hanya digunakan di kelompok elit, tapi hingga pedagang di pasar rakyat.

Hal ini sebagai upaya penerapan digitalisasi pasar, salah satunya aspek pembayaran nontunai (cashless payment) yang digencarkan Kementerian Perdagangan di pasar rakyat.

"Kementerian Perdagangan melalui Sistem Informasi Sarana Perdagangan (SISP) telah menyerap lebih dari 2 ribu pasar rakyat di seluruh Indonesia. Melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP), 537 pasar rakyat sudah memanfaatkannya untuk memantau harga barang kebutuhan pokok. Digitalisasi harus dapat dirasakan di seluruh Indonesia, bukan hanya di Jabodetabek," tegas Wamendag.

Kreator Indonesia Berkarya adalah sebuah acara thought leadership eksklusif yang diikuti pimpinan lembaga pemerintah, pimpinan tinggi (C-level) dari perusahaan bisnis terkait, pimpinan media massa, serta beberapa kreator YouTube yang inovatif dan terkemuka.

Kegiatan tersebut termasuk dalam rangkaian acara tahunan Google for Indonesia yang akan dihelat pada 7 Desember 2022.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022