Bulu tangkis

Fajar/Rian raih penghargaan BWF Tahun 2022

Fajar/Rian raih penghargaan BWF Tahun 2022

Arsip - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Muhammad Rian Ardianto (kiri) dan Fajar Alfian (kanan) mengembalikan kok ke arah pebulu tangkis ganda putra China Liang Wei Keng dan Wang Chang pada babak final Daihatsu Indonesia Masters 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (12/6/2022). Fajar/Rian berhasil menjadi juara Indonesia Masters 2022 setelah mengalahkan lawannya dengan dua gim langsung 21-10 dan 21-17. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.

Jakarta (ANTARA) - Ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih penghargaan Pasangan Paling Berkembang Tahun 2022 dalam Malam Penganugerahan BWF di Centara Grand & Bangkok Convention Center, Center World, Bangkok, Thailand, Senin malam.

Fajar/Rian menyabet penghargaan itu mengungguli nomine lainnya, yaitu Jeong Na Kim/Kim Hye Jeong (Korea Selatan) dan Prannoy H.S. (India).

“Alhamdulillah bersyukur atas penghargaan ini. Saya sangat terharu karena tidak mudah perjuangannya tapi kami bisa bangkit dan memenangkan ini. Tidak menyangka bisa menang karena nomine lain juga tampil luar biasa tahun ini," tutur Fajar dengan mata yang berkaca-kaca, dalam keterangan tertulis PBSI di Jakarta, Senin.

"Semoga dengan penghargaan ini kami bisa lebih baik, lebih konsisten ke depannya. Ini juga menjadi suntikan motivasi untuk tampil di BWF World Tour Finals," ujar Rian menimpali.

Baca juga: Fajar/Rian dan Rehan/Lisa masuk nominasi BWF Awards 2022

Fajar/Rian akan tampil pada BWF World Tour Finals untuk pertama kalinya berkat penampilan mereka sepanjang musim 2021-2022.

Meski sempat terseok-seok di awal musim, Fajar/Rian mampu bangkit untuk memenangi gelar pertamanya musim ini di Swiss Open 2022 Super 300. Pasangan peringkat tiga dunia itu tercatat telah menjalani delapan final dan memenangi tiga gelar lain, yaitu Denmark Open (Super 750), Malaysia Masters (Super 500), dan Indonesia Masters (Super 500).

Kemenangan tersebut membawa Fajar/Rian memimpin ranking ganda putra pada World Tour tahun ini sekaligus memastikan status unggulan pertama BWF World Tour Finals 2022 yang akan dimulai pada Rabu (7/12).

Fajar/Rian bakal mengawali fase penyisihan grup BWF World Tour Finals 2022 melawan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia), Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang) dan Choi Sol Gyu/Kim Won Ho (Korea Selatan).

Baca juga: Tunggal dan ganda putra jadi tumpuan Indonesia dulang gelar WTF 2022

Berikut daftar pemenang penghargaan BWF tahun 2022:

Pasangan Paling Berkembang:
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (Indonesia)

Tunggal Putra Terbaik:
Viktor Axelsen (Denmark)

Tunggal Putri Terbaik:
Akane Yamaguchi (Jepang)

Pasangan Terbaik:
Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China)

Pemain Paling Menjanjikan:
Kodai Naraoka (Jepang)

Tunggal Putra Terbaik Parabadminton:
Daiki Kajiawara (Jepang)

Tunggal Putri Terbaik Parabadminton:
Manisha Ramadass (India)

Pasangan Terbaik Parabadminton:
Thomas Wandschneider/Rick Cornell Hellman (Jerman)

Baca juga: Hasil undian BWF World Tour Finals: Jonathan-Anthony bentrok di Grup B
Baca juga: Tim Indonesia adaptasi lapangan BWF World Tour Finals

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar