Jakarta (ANTARA) -
Sepuluh tim putra dan delapan putri dari 11 provinsi di Indonesia bakal turun pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Voli Junior 2022 di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, 12-18 Desember.
 
Sepuluh tim putra, seperti dikutip dari keterangan resmi PBVSI di Jakarta, Selasa berasal dari Provinsi Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Kepulauan Riau, Bali, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Kalimantan Barat.

Sedangkan di sektor putri diikuti delapan provinsi yakni, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Lampung, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Sumatera Selatan, Jawa Timur, dan Jawa Barat.

Baca juga: Jadwal dan lokasi pertandingan Proliga 2023
Baca juga: Bank Jatim raih gelar keempat beruntun di Livoli Divisi Utama 2022


"Dengan jumlah peserta sepuluh tim putra dan delapan putri kami rasa sudah cukup. Karena nantinya berlangsung satu lapangan dan disiarkan secara langsung seluruh pertandingan di Moji TV dan vidio.com dari Emtek Group," kata Ketua Panitia Kejurnas Reginald Nelwan.
Setiap pevoli yang berlaga adalah pemain kelahiran setelah 1 Januari 2003. Hal itu harus dibuktikan dengan Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) terakhir yang asli atau buku rapor terakhir asli untuk pemain yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) atau Sekolah Menengah Pertama (SMP).
 
"Bukti STTB atau rapor asli pemain itu nantinya dibawa dan ditunjukkan pada waktu technical meeting sehari sebelum Kejurnas itu dimulai," kata Regi yang juga menjabat sebagai wakil ketua III Bidang Kompetisi dan Pertandingan PP PBVSI.
 
Regi menjelaskan Kejurnas ini diadakan dalam rangka melaksanakan program PBVSI 2022. Kejurnas Junior ini terakhir dilaksanakan pada 2019 yang kala itu Jawa Barat sebagai juara putra dan Jawa Timur pemenang di sektor putri. Adapun pendaftaran sendiri ditutup 30 November lalu.
 
Kejurnas tahunan ini sempat terhenti dua tahun menyusul adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. "Vakum dua tahun, 2020 dan 2021 karena covid-19," pungkas Regi.
 
Kejurnas Bola Voli Junior 2022 selain menyediakan piala dan piagam, juga akan memperebutkan uang pembinaan dengan total sebesar Rp60 juta.

Baca juga: Peserta Proliga 2023 wajib daftarkan tujuh pemain sebelum 7 Desember
Baca juga: Delapan provinsi berpartisipasi dalam Kejurnas Bola Voli Junior 2019

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022