Jakarta (ANTARA) - Huawei Indonesia mengapresiasi para mitra yang terdiri atas delapan kementerian/lembaga (K/L) atas kontribusi mereka dalam mendukung pengembangan 100.000 talenta digital di Tanah Air.

Apresiasi tersebut ditandai secara simbolis dengan penyerahan plakat oleh CEO Huawei Indonesia Jacky Chen kepada perwakilan delapan kementerian/lembaga itu di tengah acara "Indonesia Digital Talent Day 2022” yang digelar oleh Huawei Indonesia bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP), di Gedung Krida Bhakti, Jakarta, Selasa.

“Melalui komitmen ‘Huawei I Do Collaborate’, kami akan melanjutkan untuk memberikan dukungan kolaborasi bersama para pemangku kepentingan yang terhormat, mulai dari pemerintah, pihak-pihak di sektor pendidikan, industri, dan komunitas. Kami telah meluncurkan program 100.000 Talenta Digital pada tahun 2020 sebagai komitmen bersama kami selama lima tahun ke depannya,” ujar Jacky Chen saat memberikan sambutan.

Delapan kementerian/lembaga tersebut adalah Kementerian Sekretariat Negara; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek); Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo): Kementerian Ketenagakerjaan; Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf); Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA); Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN); serta Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Kontribusi yang diberikan oleh delapan kementerian/lembaga itu dihadirkan melalui beragam program yang berkaitan dengan upaya pengembangan talenta digital di Tanah Air. Di antaranya, platform digital talent scholarship yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo, pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang digelar oleh Kemenparekraf, program "Women in Tech" dari Kemen PPPA, dan literasi digital serta keamanan siber dari BSSN.

Selain memberikan apresiasi kepada delapan kementerian/lembaga itu, dalam kesempatan yang sama, Huawei Indonesia juga mengapresiasi KSP atas kerja sama yang dijalin oleh kedua belah pihak terkait komitmen bersama mengembangkan 100.000 talenta digital.

Berikutnya, ada pula apresiasi dari Huawei Indonesia kepada para mitra industri telekomunikasi yang mendukung pengembangan 100.000 talenta digital di Indonesia. Di antaranya, PT Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Seluler, XL Axiata, dan Indosat Ooredoo Hutchison.

Ke depannya, Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mendorong kerja sama pengembangan 100.000 talenta digital dari berbagai pihak tersebut terus dilanjutkan, meskipun jika nantinya target tersebut telah tercapai.

“Ya, kami akan dorong lagi untuk melanjutkan. Sekarang baru 71 ribu, masih ada lagi 29 ribu. Setelah itu, kita dorong lagi,” ujar dia.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022