Ini supaya pemain lebih paham karena persiapan sudah mepet
Jakarta (ANTARA) - Bek tim nasional Indonesia Fachruddin Aryanto mengatakan, pelatih Shin Tae-yong menyelipkan latihan taktik di sela menu penguatan fisik yang mereka dapatkan dalam pemusatan latihan (TC) persiapan Piala AFF 2022 di Bali.

"Taktik diberikan sedikit di sela-sela (latihan-red) fisik. Ini supaya pemain lebih paham karena persiapan sudah mepet," ujar Fachruddin, diunggah di laman PSSI, Selasa.

Shin, pemain berusia 33 tahun itu melanjutkan, memang belum terlalu memfokuskan perhatiannya ke persoalan taktik pada TC yang dimulai 28 November 2022 tersebut.

Saat ini, Shin masih ingin meningkatkan kualitas fisik para pemain yang dinilainya anjlok lantaran mereka belum mencicipi laga kompetitif sebelum menjalani TC timnas.

"10 hari pertama kami fokus ke fisik dasar. Kemarin juga ada latihan sirkuit untuk penguatan daya tahan tubuh," tutur Fachruddin.

Baca juga: Timnas senior latihan perdana di Bali perkuat fisik jelang AFF 2022

Seluruh pemain skuad "Garuda", dia menambahkan, sejauh ini mampu melahap semua menu yang diberikan Shin Tae-yong.

"Semua pemain sangat bersemangat dengan materi yang diberikan. Kami sama-sama berjuang," kata Fachruddin.

Piala AFF 2022 akan digelar pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023. Di turnamen itu, tim nasional Indonesia berada dalam Grup A bersama juara bertahan Thailand, Filipina, Kamboja dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Shin Tae-yong fokus benahi teknik dasar timnas U-20 di Turki

Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja pada laga perdananya di Grup A, 23 Desember 2022. Pertandingan itu diagendakan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, yang rencananya menjadi stadion kandang Indonesia di Piala AFF 2022.

Tiga hari kemudian, Indonesia bertandang untuk menghadapi tuan rumah Brunei Darussalam. Lalu menjamu Thailand, 29 Desember 2022 serta, terakhir, menjajal kekuatan Filipina di rumahnya pada 2 Januari 2023.

PSSI menargetkan Indonesia menjadi juara Piala AFF 2022. Andai berhasil mendapatkan prestasi itu, gelar tersebut akan menjadi yang pertama sepanjang sejarah bagi skuad "Garuda".

Baca juga: Justin Hubner yakin cocok dengan gaya bermain Shin Tae-yong
Baca juga: Menpora datang langsung ke Pantai Purnama beri semangat timnas saat TC

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022