Kita ingin mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi dampak inflasi, sehingga petani harus dibantu dan diberi kemudahan
Pangururan, Sumut (ANTARA) - Bupati Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Vandiko T Gultom menyatakan pihaknya akan melanjutkan program pemberian pupuk dan bibit gratis kepada petani di wilayahnya hingga 2023 untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan menekan dampak inflasi.

"Kita ingin mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengurangi dampak inflasi, sehingga petani harus dibantu dan diberi kemudahan," katanya menjawab wartawan usai Upacara Adat Memasuki Rumah Dinas Bupati di Pangururan, Samosir, Sumut, Selasa sore.

Dengan program itu, Bupati berharap ekonomi masyarakat akan bergeliat dan dampak resesi ekonomi yang diperkirakan terjadi tahun 2023 bisa ditekan dan inflasi juga bisa terjaga.

Selain program itu, Vandiko mengatakan bahwa pihaknya juga akan mendorong penggunaan pupuk organik di kalangan petani Samosir dengan mengadakan program pelatihan dan pembimbingan bagi petani dalam proses pembuatan pupuk organik.

Selain untuk mendorong pertanian yang ramah lingkungan, katanya, penggunaan pupuk organik merupakan upaya untuk mengantisipasi penyediaan pupuk bersubsidi dari pemerintah yang semakin hari semakin berkurang jumlahnya.

"Tiap tahun penyediaan pupuk bersubsidi makin menurun, sementara kebutuhan pupuk petani malah meningkat, maka kekurangan tersebut akan dipasok dari penyediaan pupuk organik," katanya.

Pelatihan dan pembimbingan pembuatan pupuk organik kepada petani dilakukan bekerja sama dengan berbagai lembaga yang kompeten.

Ia menjelaskan penggunaan pupuk organik sudah diupayakan sejak beberapa waktu lalu dan proyek percontohannya dilakukan di Kecamatan Onan Runggu, Kabupaten Samosir, untuk pertanaman bawang merah.

Hasilnya, katanya, cukup memuaskan tanpa merinci tingkat produktivitas bawang merah tersebut.

Upacara adat memasuki rumah dinas Bupati Samosir diikuti berbagai elemen masyarakat di Kabupaten Samosir dan di antara elemen masyarakat tersebut menyampaikan harapannya agar Bupati dapat segera menikah, karena sampai saat ini masih sendiri.

Baca juga: Pemkab Samosir dorong BUMdes berinovasi kembangkan potensi
Baca juga: Mengenalkan pariwisata Samosir ke dunia melalui W20
Baca juga: Objek Wisata Togaraja Samosir resmi dibuka

Pewarta: Biqwanto Situmorang
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022