Tangerang (ANTARA) - Chef de Mission (CdM) Kontingen Wushu Indonesia, Doddy Rahadi, mengatakan tiga medali emas hari pertama Kejuaraan Dunia Wushu Junior (WJWC) 2022 menjadi kado awal untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang begitu perhatian terhadap olahraga wushu.

Indonesia selaku tuan rumah, sukses membuka WJWC edisi ke-delapan di ICE BSD, Tangerang, Banten, Selasa, dengan hasil manis.

Josh Tiesto Tanto, Rainer Reinaldy Ferdiansyah, dan Kylie Suyoto Kwok sukses menjadi yang terbaik di masing-masing kategori.

"Tiga medali emas itu sebagai kado awal buat Presiden Jokowi yang telah memberikan perhatian dan dukungan terhadap wushu Indonesia," kata Doddy Rahadi di ICE BSD, Selasa.

Baca juga: Rainer buka kran emas tuan rumah di Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022
Baca juga: Josh makin termotivasi usai sumbang emas kedua di WJWC 2022


Doddy mengungkapkan motivasi atlet Indonesia meningkat setelah pada acara pembukaan, kemarin, mendapat suntikan semangat dari Jokowi.

Adapun keberhasilan Josh, Rainer, dan Kylie menjadi langkah awal yang baik bagi tuan rumah untuk memenuhi target enam emas yang dicanangkan.

"Semoga keberhasilan Josh, Rainer, dan Kylie bisa menjadi pemicu motivasi bagi atlet lain dari nomor taolu dan sanda untuk bisa menyumbangkan medali emas," kata Doddy menambahkan.

Hari ini, Rainer membuka keran emas Indonesia setelah menjadi yang terbaik di kelompok junior A putra nomor taolu tajijian/pedang dengan mengumpulkan 9,40 poin.

Atlet dari Sasana Xiao Yao Surabaya Jawa Timur ini mengalahkan wakil Vietnam Nguyen Quang Minh di posisi kedua dengan 9,06 poin dan atlet Mesir Ali Essam yang meraih perunggu usai mengantongi 9,02 poin.

Kemudian Josh juga mengibarkan bendera Merah Putih usai meraih emas di kelompok junior A putra nanquan). Dia mengalahkan 15 pesaingnya dengan nilai terbaik 9,28.

Josh mengalahkan pesaing terdekat, Sota Miyamori asal Jepang dan Ko Yeongwo dari Korea Selatan, masing-masing mengumpulkan nilai 9,25 dan 9,18.

Terakhir Kylie menjadi yang terbaik di nomor taolu changquan kelompok A putri dengan 9,303.

Dia menang atas wakil Malaysia Kai Xin Wong yang menempati urutan kedua dengan 9,226 poin dan atlet Macau Weng Ian Wong yang berada di posisi ketiga dengan 9,223 poin.

Baca juga: Giliran Kylie persembahkan emas ketiga Indonesia di WJWC 2022
Baca juga: Jokowi terima penghargaan tertinggi dari Federasi Wushu Internasional

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022