Dalam gelaran G-Festival 2022 kami memfasilitasi berbagai para pihak, khususnya para calon investor dan para 'buyer' dari dalam dan luar negeri,
Garut (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengundang investor asing dari sejumlah negara untuk menghadiri dan melihat beragam produk industri kecil menengah (IKM) unggulan Garut dalam Garut Festival (G-Festival) di Alun-alun Garut pada 8 sampai 10 Desember 2022.

"Dalam gelaran G-Festival 2022 kami memfasilitasi berbagai para pihak, khususnya para calon investor dan para 'buyer' dari dalam dan luar negeri," kata Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Energi Sumber Daya Mineral Kabupaten Garut sekaligus Ketua Pelaksana G-Festival, Ridwan Effendi di Garut, Rabu.

Ia menuturkan Pemkab Garut sudah mempersiapkan cukup lama untuk menggelar kegiatan G-Festival 2022 yang melibatkan pelaku usaha dengan berbagai produknya untuk dikenalkan lebih luas ke pasar dalam negeri maupun mancanegara.

Baca juga: Dubes RI ajak pengusaha Hong Kong tingkatkan investasi di Indonesia

Pemkab Garut, kata dia, berupaya mendorong produk lokal menembus pasar internasional, salah satunya dengan mengundang investor atau pembeli dari luar negeri agar bisa menyaksikan langsung acara yang menampilkan beragam produk unggulan Garut.

Investor asing yang diundang dan telah mengkonfirmasi akan datang ke Garut, kata Ridwan, yakni dari Nigeria dan Kenya, yang rencananya akan menginap di Garut selama G-Festival berlangsung.

"Ini yang sudah konfirmasi dengan kami salah satunya dari Nigeria dan Kenya, ini sudah persiapan, yang bersangkutan akan tinggal di Garut, khususnya selama tiga hari dalam rangkaian G-Festival," kata Ridwan.

Ia berharap kehadiran dari investor maupun pembeli dari berbagai daerah di Indonesia maupun mancanegara bisa menjadi momentum bagi pelaku IKM Garut menjalin kerja sama, dan meningkatkan transaksi perdagangan di tingkat internasional.

"Tentu saja dengan digelarnya G-Festival ini menunjukkan momen dari berbagai pihak untuk bisa saling melakukan kerja sama, dan juga meningkatkan transaksi perdagangan internasional maupun dalam negeri," katanya.

Baca juga: Mendagri minta pemda tak persulit investor

Ia menambahkan dalam rangkaian G-Festival 2022 itu, para pelaku usaha yang terlibat akan berhadapan langsung dengan calon investor untuk memulai kerja sama berkelanjutan.

Ia berharap kerja sama itu bisa menumbuhkan perekonomian masyarakat Garut, dan bisa menjadi motivasi bagi pelaku usaha lainnya di Garut yang akhirnya memberikan keuntungan.

"Dengan harapan festival ini dapat meningkatkan geliat perekonomian di Garut dan memberikan motivasi bagi para pelaku usaha dalam membangun jejaring usaha satu dengan yang lainnya," kata Ridwan.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengajak semua pihak untuk ikut terlibat meramaikan G-Festival 2022 yang diselenggarakan di Alun-alun Garut pada 8 sampai 10 Desember 2022.

"Kami mengundang juga para investor, ayo melakukan investasi di Kabupaten Garut dan juga melihat-lihat potensi yang ada di Garut," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022