Pontianak (ANTARA) - Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat, mengukuhkan 11 guru besar dari enam fakultas yang ada di perguruan tinggi tersebut.

"Kita bersyukur hari ini Untan mengukuhkan guru besar dari berbagai bidang ilmu. Ke depannya, dengan keberadaan guru besar ini tentu kita berharap peningkatan pelayanan pendidikan dan daya saing," kata Rektor Untan Prof Dr Garuda Wiko usai memimpin pengukuhan tersebut di Pontianak, Kamis.

Baca juga: Tingkatkan akreditasi, Untan lakukan percepatan guru besar

Garuda Wiko menyampaikan bahwa dengan dikukuhkannya 11 guru besar ini sekarang total guru besar di Untan menjadi 29 orang.

"Total guru besar sekarang ada 29 orang. Angkanya memang cukup kecil karena angka yang pensiun juga cukup banyak. Jadi, ke depan kita akan berupaya memperbanyak guru besar di Untan," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa Untan mempunyai potensi, ada 273 lektor kepala. Tinggal satu langkah lagi lektor kepala itu akan menjadi guru besar.

Baca juga: Kemendikbudristek luncurkan program Matching Fund Kedaireka di Untan

"Jadi, kita akan dorong yang 273 orang ini untuk memenuhi syarat-syarat supaya menjadi guru besar," katanya.

Salah satu Guru Besar Fakultas Teknik Untan Prof Henny mengatakan bahwa dengan menjadi guru besar dia akan berusaha untuk memajukan Untan khususnya dalam hal yang berkaitan dengan bidang jurusannya.

Baca juga: Untan gandeng Gradasi Kalbar kembangkan "Untan Village"

"Saya berharap pengukuhan ini menjadi titik awal untuk memajukan Untan, khususnya sesuai dengan bidang saya, terkait pengelolaan air di Kalbar. Potensi sumber air di Kalbar itu besar dan memang harus dikelola secara terpadu dan berkelanjutan," kata Henny.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022