Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar guru-guru di wilayah Jabodetabek, khususnya di wilayah Depok, dapat memanfaatkan kemajuan teknologi berupa CAS pada GeoGebra dalam proses kegiatan belajar mengajar
Depok (ANTARA) -
Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) memberikan pelatihan tentang perangkat lunak Computer Algebra System (CAS), GeoGebra, kepada guru SMA se-Jabodetabek di Laboratorium Pengajaran Departemen Matematika.
 
Ketua Departemen Matematika, FMIPA UI Prof Alhadi Bustamam di kampus UI Depok, Jawa Barat, Jumat mengatakan kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Departemen Matematika FMIPA UI dalam rangka mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.
 
"Tujuan diadakannya pelatihan ini adalah agar guru-guru di wilayah Jabodetabek, khususnya di wilayah Depok, dapat memanfaatkan kemajuan teknologi berupa CAS pada GeoGebra dalam proses kegiatan belajar mengajar," kata Alhadi yang juga bagian dari Tim Pengabdian Masyarakat FMIPA UI.
 
Ia mengatakan penyelesaian persoalan geometri analitik untuk pelajaran matematika pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), biasanya dilakukan secara konvensional oleh sebagian guru-guru SMA, dilengkapi sketsa secara manual.
 
Hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama, karena harus membuat sketsa. Agar dapat membantu para guru SMA dalam mempersiapkan materi atau soal-soal terkait geometri analitik.
 
Perangkat lunak Computer Algebra System (CAS) pada GeoGebra dalam geometri analitik dimensi 2, kata dia,  merupakan salah satu perangkat lunak yang mudah digunakan untuk belajar geometri analitik dan membantu dalam pembuatan soal geometri analitik.
 
Perangkat lunak ini dapat dijalankan pada sistem operasi Android, iOS, Linux dan Windows. Selain itu, dapat diunduh secara gratis di komputer desktop, komputer laptop, tablet dan telepon seluler.
 
Dengan bantuan Geogebra, guru-guru SMA dapat membuat soal dan memeriksa jawaban dengan mudah dan cepat. Selain itu, software Geogebra juga dapat membantu para guru untuk memberikan ilustrasi geometri secara interaktif.
 
Pada kegiatan edukasi, pemaparan materi disampaikan oleh Dr. Hengki Tasman, S.Si., M.Si. terkait dengan teori objek geometri di ruang dimensi 2. Materi ini meliputi garis, lingkaran, berkas garis dan berkas lingkaran dengan menggunakan perspektif CAS. Diberikan pula beberapa contoh masalah yang diselesaikan dengan menggunakan perspektif CAS dan Graphing.

Pada pelaksanaannya, kegiatan ini dihadiri 39 peserta yang berasal dari guru SMA di Jabodetabek, di antaranya SMAN 1 Depok, SMKN 2 Depok, SMAN 7 Depok, SMAN 11 Depok, SMA Bintara Depok, SMA PGRI 4 Bogor, SMAN 55 Jakarta, SMAN 4 Jakarta, SMAN 108 Jakarta, SMAN 109 Jakarta, SMAN 73 Jakarta, SMAN 47 Jakarta.
 
Berikutnya SMAN 11 Jakarta, SMAN 28 Jakarta, SMA Citra Kasih Jakarta, SMA Islam Harapan Ibu, SMA Perjuangan Terpadu Depok, SMA Citra Kasih Don Bosco Pondok Indah, SMAI Assyafiiyah 2 Bekasi, SMA Citra Berkat Citra Indah Jonggol, dan lain-lain. 

Baca juga: Lembaga sains terapan FMIPA UI raih anugerah Bapeten 2022

Baca juga: Tim FMIPA UI bantu cegah abrasi Pantai Muara Beting

Baca juga: Guru Matematika dituntut ciptakan suasana belajar menarik

Baca juga: Empat Program Studi FMIPA UI raih akreditasi internasional

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022