Den Haag (ANTARA) - Konsumen dan industri di Belanda mengurangi penggunaan gas alam mereka secara substansial antara Juli hingga Oktober 2022, sedangkan impor gas negara tersebut naik 15 persen, menurut badan statistik Belanda, Centraal Bureau voor de Statistiek (CBS), pada Kamis (8/12).

Negara itu mengonsumsi 7,3 miliar meter kubik gas alam, 17 persen lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Konsumsi gas merosot tajam sebesar 30 persen dibandingkan dengan lima tahun terakhir.

Penurunan konsumsi gas alam sebagian disebabkan oleh tingginya harga gas alam. Akibatnya, perusahaan-perusahaan industri besar pada khususnya, seperti yang bergerak di sektor perminyakan dan bahan kimia, mengonsumsi gas alam 26 persen lebih sedikit dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tingginya harga gas dan bentuk energi lainnya, seperti listrik dan pemanasan distrik, mendorong kenaikan inflasi di negara itu.

CBS pada Kamis melaporkan bahwa inflasi menyentuh angka 9,9 persen pada November, turun dari 14,3 persen pada Oktober. Penurunan tajam ini terutama disebabkan oleh penurunan harga energi.

Harga makanan 15,7 persen lebih mahal pada November, terutama karena harga roti, sereal, daging, dan produk susu yang lebih tinggi. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022