Beijing (ANTARA) - Pelayanan keimigrasian di Kedutaan Besar RI di Beijing, China, kembali pulih setelah sempat terdampak kebakaran gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia di Jakarta.

Kantor pelayanan keimigrasian yang berada di kompleks KBRI Beijing kembali ramai didatangi para pemohon sejak Jumat pagi.

"Kemarin pelayanan kami sempat terhenti karena peristiwa kebakaran di Jakarta itu," kata Atase Imigrasi KBRI Beijing Raden Fitri Saptaji.

Berbagai peralatan komputer yang terkoneksi dengan sistem elektronik di kantor pusat di Jakarta tiba-tiba terputus saat peristiwa itu terjadi pada Kamis (8/12).

"Setelah pembenahan teknis, baru hari ini kami bisa melayani pembuatan paspor," ujarnya.

Satu keluarga, yang tiga anggotanya berkewarganegaraan Indonesia, jauh-jauh datang dari Provinsi Hebei menuju KBRI Beijing. Mereka mengaku lega bisa mendapatkan paspor tepat waktu.

"Kebetulan anak saya ini butuh paspor. Setibanya di sini, ternyata pelayanan lancar," ujar ibu seorang anak yang baru mendapatkan paspor di KBRI Beijing.

Beberapa WNI lainnya juga mendapatkan pelayanan kekonsuleran pada Jumat sore di KBRI Beijing tanpa ada hambatan berarti.

Gudang di lantai lima kantor Kemenkumham di Jalan HR Rasuna Said Kv 6-7, Jakarta Selatan, terbakar, [ada Kamis (8/12). Menurut dugaan sementara, kebakaran tersebut diakibatkan korsleting listrik. 

Baca juga: Kemenkumham pastikan tidak ada arsip penting yang terbakar

Baca juga: Kemenkumham pindahkan tahanan imigrasi pascakebakaran gedung


 

Kemenkumham Gorontalo musnahkan barang bukti sitaan Lapas

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022