ikut mendukung program pemkot yaitu perilaku hidup bersih dan sehat
Surabaya (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada menggelar bakti sosial berupa bedah rumah untuk warga tidak mampu di Tambak Mayor Utara Nomor 86 RT 1, RW 7, Asem Rowo, Asem Rowo, Kota Surabaya, Jatim.

Sekretaris PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Dyah Ayu Anggreani di Surabaya, Sabtu, mengatakan, bantuan bedah rumah ini merupakan kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Surabaya.

"Baznas memiliki data warga masyarakat Kota Surabaya yang akan menerima bantuan bedah rumah maupun jamban sehat. Jadi kami (PDAM) ini bekerja sama dan Baznas yang membangun, tetapi dana dari kami (PDAM)," kata dia.

Dyah menambahkan, pada tahun 2022 kurang lebih ada 20 unit rumah dan 22 jamban sehat sudah selesai dikerjakan dengan baik dan terealisasi.

Baca juga: Baznas bantu bedah rumah pasangan suami istri dhuafa di Surabaya
Baca juga: Bupati-Dandim-Kapolres Trenggalek tinjau hasil program bedah rumah

Dia berharap, bantuan bedah rumah ini bisa bermanfaat bagi warga Kota Surabaya agar bisa hidup sehat dalam mendukung program Pemerintah Kota Surabaya.

"Termasuk bantuan jamban sehat, kami juga ikut mendukung program pemkot yaitu perilaku hidup bersih dan sehat," kata dia.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Baznas Kota Surabaya Marjuki mengatakan, ada 20 unit rumah yang sudah dikerjasamakan dengan Baznas Surabaya.

Untuk itu, Marjuki berharap, di tahun 2023 bantuan bedah rumah ini bisa diteruskan atau ditambah kuotanya.

"Itu supaya bisa dirasakan oleh warga Kota Surabaya yang benar benar membutuhkan bantuan ini," ujar dia.

Baca juga: Surabaya perbaiki 419 rumah tidak layak huni dari Januari hingga Juni
Baca juga: Surabaya tuan rumah Kota Layak Anak internasional gelaran UNICEF

Menurut Marjuki, sesuai anjuran dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi agar rumah warga yang tidak layak huni bisa mendapat bantuan bedah rumah.

"Termasuk warga yang tidak memiliki jamban ini harus dibantu agar bisa hidup sehat," kata dia.

Salah seorang warga warga Tambak Mayor Utara Supriatin, mengaku bersyukur mendapatkan bantuan bedah rumah dari PDAM Surya Sembada dan Baznas Surabaya.

Supriatin mengaku sudah lama menanti bantuan seperti ini, dan bantuan saat ini bisa terwujud dari PDAM dan Baznas. Bantuan ini, kata Supriatin, untuk orang tuanya yang sudah usia lanjut agar bisa menikmati rumah layak, sehat dan nyaman untuk dihuni.

Untuk itu, Supriatin menyampaikan rasa terima kasih kepada PDAM Surya Sembada dan Baznas Surabaya yang sudah membantunya. "Terima kasih PDAM dan Baznas atas bantuannya," kata dia.

Baca juga: Baznas Bazis Kepulauan Seribu tuntaskan bedah 12 rumah warga

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022