Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali berharap Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PB PRSI) dapat menjaring atlet muda potensial dari ajang Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 2022 di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Senin.

"Pemerintah menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada PRSI yang telah melaksanakan kegiatan Indonesia Open Aquatic Championship 2022 yang tertunda selama dua tahun karena pandemi COVID-19,” kata Menpora Amali saat membuka kejuaraan.

Sebagai cabang olahraga yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), Amali berharap PRSI dapat konsisten membina atlet-atlet muda hingga menghasilkan perenang yang mampu bersaing di level Olimpiade.

Baca juga: PB PRSI kembali gelar Indonesia Open Aquatic Championship2022
Baca juga: PRSI: Usai dicoret dari pelatnas, enam perenang nasional minta maaf


"Salah satu pilihan adalah cabang olahraga renang. Itulah sebabnya, saya menyambut baik apalagi informasi dari PRSI sekarang ini tim nasional (Pelatnas) Indonesia punya pelatih yang bagus. Oleh karena itu saya mendukung semua program yang dilakukan oleh PRSI," kata Amali menambahkan.

Dalam kesempatan ini, Amali juga mengingatkan dalam DBON diterapkan sistem promosi dan degradasi. Dengan kata lain, cabang yang tidak berprestasi dalam kurun waktu tertentu bisa digantikan oleh cabang lainnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara IOAC 2022 Ali Patiwiri mengatakan pada ajang edisi ke-empat ini akan melombakan empat disiplin akuatik yakni renang (12-15 Desember), polo air (12-16 Desember), loncat indah (16-19 Desember), dan renang artistik (17-19 Desember).

"Selain itu, ada lomba renang untuk master pada 18 Desember yang diikuti perenang senior mulai usia 27 hingga 85 tahun lebih," kata Ali.

Baca juga: Timnas renang bawa pulang enam emas di Major Games Qualifiers 2023

Untuk renang, lanjut Ali, diikuti 126 klub dengan jumlah peserta 674 atlet dan 185 ofisial.

Loncat Indah diikuti enam pengurus provinsi (pengprov PRSI) dan 4 klub dengan jumlah atlet 84 orang dan ofisial 36 orang.

Polo Air diikuti oleh tim lima tim putra dan empat tim Putri dengan jumlah atlet 120 orang dan ofisial 43 orang.

Sementara renang indah jumlah peserta sebanyak 91 atlet dan 37 ofisial dari sembilan klub, serta Master diikuti oleh 130 orang atlet dari 17 perkumpulan renang master yang ada di Jakarta.

"Sehingga jumlah peserta atlet dan ofisial yang mengikuti Indonesia Open Aquatic Championship 2022 sebanyak 1.400 orang," pungkas Ali.

Baca juga: Dash Sports dukung pembinaan atlet melalui kejuaraan Aqua Challenge
Baca juga: Federasi Renang Internasional FINA ganti nama jadi World Aquatics

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022