setelah kita verifikasi lebih dari 1.000 semua
Jakarta (ANTARA) - Sembilan partai politik (parpol) nonparlemen peserta Pemilu 2024 lolos verifikasi secara faktual di Jakarta Barat dan selanjutnya akan mengikuti langkah serupa di tingkat provinsi dan terakhir secara nasional.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Barat Cucum Sumardi saat dihubungi di Jakarta, Selasa, menjelaskan mereka adalah Partai Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Garuda, Partai PSI, Partai Gelora, Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Umat dan Partai Hanura.

"Tanggal 14 Desember, mereka akan diumumkan secara nasional oleh KPU RI, apakah lolos atau tidak," katanya.

Ia menjelaskan, verifikasi faktual antara lain memastikan jumlah anggota minimal sebanyak 1.000 per partai.

"Untuk verifikasi faktual minimal keanggotaan 1.000 orang per partai. Nah, setelah kita verifikasi lebih dari 1.000 semua," kata Cucum.

Baca juga: KPU Jakbar tetapkan sembilan parpol lolos verifikasi tingkat kota

Untuk diketahui, di Jakarta Barat sendiri ada 18 partai yang akan ikut dalam Pemilu 2024. Ke-18 partai itu terdiri dari sembilan partai parlemen dan nonparlemen.

Cucum mengatakan, kesembilan parpol nonparlemen itu telah dilakukan proses verifikasi administrasi.

Jika sudah dinyatakan lolos, maka ke sembilan parpol itu akan menjalani proses pengundian nomor urut pada 15 Desember 2022.

Keesokan harinya, ke sembilan parpol tersebut pun akan mendapatkan penetapan nomor urut untuk bertarung dalam Pemilu 2024.

Cucum menambahkan, tidak semua partai bisa lolos dalam proses verifikasi tingkat nasional. "Kalau di tingkat nasional ada yang berkurang, ya tinggal dikurangi saja jumlah partainya," jelas dia.

Baca juga: Sudin Pendidikan Jakbar gandeng KPU sosialisasi pemilu di sekolah
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022