Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita Selasa (13/12/2022) kemarin yang menarik untuk disimak, mulai dari BKKBN sebut kemiskinan musuh stunting hingga Menko PMK menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana. Berikut berita-berita tersebut:

BKKBN sebut kemiskinan musuh bersama dalam pengentasan stunting

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyatakan bahwa kemiskinan merupakan musuh bersama dalam mempercepat pengentasan masalah stunting yang mengancam kualitas kesehatan anak bangsa.

“Selain stunting, musuh bersama yang harus diperangi adalah angka kemiskinan ekstrem serta kematian ibu dan bayi yang angkanya masih tergolong tinggi,” kata Kepala BKKBN Hasto Wardoyo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Menkes: Pendidikan berbasis RS kebijakan baru atasi krisis dokter

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengemukakan konsep pendidikan dokter spesialis berbasis rumah sakit (RS) merupakan sistem terbaru untuk meningkatkan jumlah serta upaya pemerataan dokter spesialis di seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

"Krisis dokter spesialis saat ini tidak cukup mampu untuk melayani kebutuhan layanan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu kami butuh melakukan pembaharuan sistem," kata Budi Gunadi Sadikin dalam Dialog Pertemuan Koordinasi dan Evaluasi Pendayagunaan Dokter Spesialis di Jakarta, Selasa.

Kemendikbudristek gandeng Polri cegah pencurian warisan budaya

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Divisi Hubungan Internasional (Divhubinter) Polri dalam mencegah tindak pidana pencurian warisan budaya kebendaan.

Hal itu tertuang dalam penandatanganan kerja sama yang dilakukan Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dan Kepala Divhubinter Polri Irjen Pol Khrisna Murti di Jakarta, Selasa.

Bio Farma dan MSD kerja sama produksi vaksin HPV di Indonesia

Badan usaha milik negara PT Bio Farma (Persero) menjalin kerja sama transfer teknologi dengan perusahaan farmasi Merck Sharp & Dohme (MSD) asal Amerika Serikat untuk memproduksi vaksin 4-valent human papillomavirus (HPV) MSD di Indonesia.

Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir dan Managing Director MSD Indonesia George Stylianou menandatangani perjanjian kerja sama antara kedua perusahaan di Jakarta, Selasa, disaksikan oleh Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Pahala Nugraha Mansury, Presiden MSD Asia Pasifik David Peacock, dan Perwakilan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Indonesia.

Menko PMK menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menekankan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadinya bencana guna mendukung upaya pengurangan risiko bencana.

"Jadikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana sebagai gaya hidup," kata Muhadjir Effendy dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.*

Pewarta: Indriani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022