Jakarta (ANTARA/JACX) – Setelah menjabat sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta pada Oktober 2022, nama Heru Budi Hartono menjadi buah bibir warganet Tanah Air.

Sejumlah sorotan terhadap Heru Budi seperti meja aduan di Balaikota DKI Jakarta, penetapan upah minimum Jakarta, batas usia pekerja kontrak, hingga perubahan slogan Jakarta sebagai "Kota Kolaborasi" menjadi "Sukses Jakarta untuk Indonesia."

Namun, terdapat pula unggahan di Twitter yang menarasikan sungai Ciliwung menjadi bersih setelah Heru Budi menjadi pj Gubernur DKI Jakarta.

Unggahan yang disertai dua foto itu yang diklaim sebagai kondisi sebelum dan sesudah era Heru Budi di Jakarta.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Selama 2 bulan di era Heru Budi kali Ciliwung bersih dari sampah.”

Namun, benarkah foto pada unggahan di Twitter itu merupakan sungai Ciliwung sebelum dan sesudah Heru Budi menjabat Gubernur DKI Jakarta?

Unggahan foto hoaks yang dinarasikan kondisi sungai CIliwung, Jakarta sebelum dan sesudah kepengurusan era Heru Budi. Faktanya, foto tersebut sudah beredar sejak 2011 dan 2014. (Twitter)
Penjelasan:
Berdasarkan penelusuran ANTARA, unggahan tersebut merupakan foto lama sejak 2011 dan 2014 yang diunggah kembali.

Foto yang disematkan pada kata before merupakan foto Ciliwung yang muncul pada 2014. Foto serupa dapat ditemukan pada laman berjudul ‘Ciliwung Dulu-Kini vs Isar (Munchen)’ yang diunggah pada 2014. 

Laman itu membandingkan kondisi sungai Ciliwung pada masa sebelum pembangunan Jakarta dan sekitarnya dengan kondisi setelah pembangunan di mana terdapat permukiman di tepi sungai.

Laman itu juga menampilkan kondisi sungai Isar di Munchen, Jerman yang tertata rapi dan menjadi bagian dari rekreasi warga.

Sementara foto Ciliwung yang disematkan pada kata after ditemukan dalam laman Wikipedia commons dengan judul 'File:Ciliwung Jalan Gunung Sahari.JPG‘. Dalam keterangannya situs itu, foto Ciliwung tampak di sebelah jalan Gunung Sahari, Jakarta dan diambil pada 2011.

Dengan demikian, narasi di Twitter yang menyatakan foto penampakan sungai Ciliwung sebelum dan sesudah Heru Budi menjabat Gubernur DKI Jakarta merupakan pernyataan salah.

Klaim: Foto sungai Ciliwung sebelum dan sesudah era Heru Budi
Rating: Hoaks

Cek fakta: Misinformasi! Heru minta 50 persen infak masjid Jakarta disetor ke ormas

Cek fakta: Hoaks! Anies tidak pernah bersihkan Kali Krukut

Cek fakta: Menteri PUPR ungkap rencana lomba hias getek di Sungai Ciliwung 2023

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2022