Keterbukaan informasi menjadi hal yang sangat penting, bisa menjadi kanalisasi dari kekisruhan-kekisruhan sehingga tidak menjadi kegaduhan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan bahwa keterbukaan informasi menjadi hal penting dalam pemilu.

"Keterbukaan informasi menjadi hal yang sangat penting, bisa menjadi kanalisasi dari kekisruhan-kekisruhan sehingga tidak menjadi kegaduhan," kata Mahfud dalam acara "Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2022" di Tangerang, Banten, Rabu.

Menurut dia, prinsip dan asas keterbukaan informasi publik merupakan aspek mendasar bagi terwujudnya penyelenggaraan pemilu yang transparan.

"Dari pusat sampai ke desa, partai politik serta masyarakat sebagai unsur penting harus memperhatikan masalah ini," ujarnya.

Baca juga: KemenPPPA raih Anugerah Keterbukaan Informasi Publik

Baca juga: Menko Polhukam: Sembunyikan informasi publik tidak menguntungkan

Baca juga: Keterbukaan informasi badan publik tahun 2022 naik signifikan


Mahfud juga menyebut bahwa keterbukaan informasi dalam setiap pelaksanaan penyelenggaraan pemilu menjadi salah satu indikator penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil.

"Dan itu semua merupakan hak-hak konstitusional warga negara," ucapnya.

Untuk itu, ia berharap ke depannya lebih banyak lagi badan publik yang dapat memenuhi kepatuhan dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik.

Pemerintah, lanjut dia, juga diharapkan terus mendorong optimalisasi badan publik dalam menjalankan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2022