Hsinchu, Taiwan--(ANTARA/Business Wire)-- Tim mahasiswa Jurusan Ilmu Komputer National Tsing Hua University (NTHU) di Taiwan belum lama ini memenangkan kejuaraan di World Supercomputer Student Cluster Competition (SCC) di Dallas, AS. Ini adalah kejuaraan kelima yang diraih oleh tim NTHU di dua kompetisi superkomputer terbesar dalam beberapa tahun terakhir.

Logo NTHU

Profesor Jerry Chou menjadi penasihat tim Jurusan Ilmu Komputer beranggotakan enam orang ini, yaitu mahasiswa senior Mou Chan-yu, Chang Fu-chiang, dan Ting Hsu-tzu; dan mahasiswa junior Huang En-ming, Kuo Pin-yi, dan Wu Pang-ning. Pelatih tim ini adalah Tsai Kuo-Guang, seorang mahasiswa pascasarjana Jurusan Ilmu Komputer yang sangat berpengalaman dalam kompetisi komputer.

SCC memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk menguji keahlian dalam tiga bidang: integrasi perangkat lunak dan perangkat keras, kinerja program, dan pengetahuan lintas disiplin. Karena berlangsung selama 56 jam tanpa henti, kompetisi ini juga sangat menantang stamina dan kemampuan peserta untuk bekerja di bawah tekanan. Chou dan timnya bersorak-sorai ketika hasilnya diumumkan.

Chou berkata bahwa beliau telah memimpin tim NTHU selama sepuluh tahun, dan tahun ini mereka mengalami banyak kemalangan. Kapten tim, Mou Chan-yu, kakinya patah seminggu sebelum kompetisi akibat kecelakaan lalu lintas dan hampir saja terpaksa keluar. Dan beberapa jam sebelum kompetisi dimulai, sebagian peralatan komputer mereka rusak selama pengiriman. Namun mereka berhasil mengatasinya dengan menyesuaikan konfigurasi komputer dan strategi kompetisi mereka. Akhirnya, tim NTHU meraih kesuksesan dengan gemilang.

Ketika menjalani operasi, kapten tim Mou harus menyerahkan pekerjaan membangun sistem kepada Kuo Pin-yi untuk sementara. Untungnya, dokter mengizinkan beliau mengikuti kompetisi di kursi roda. Di tengah rasa nyeri yang hebat, kapten Mou berhasil memimpin tim dalam segala hal selama kompetisi 3 hari itu, termasuk ketika mereka berupaya menemukan solusi untuk Aplikasi Misteri.

Bidang-bidang yang diuji dalam kompetisi tahun ini adalah analisis kegagalan material, simulasi dinamika cairan, dan dinamika gempa bumi, di mana semua ini memerlukan pengetahuan yang kuat pada semua bidang tersebut. Ting Hsu-tzu bertanggung jawab atas simulasi dinamika fluida, dan beliau menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari beasiswa di bidang ini selagi mempersiapkan kompetisi. Chang Fu-chiang dan Huang En-ming mengemban tanggung jawab berat untuk mengoordinasi tim dan memverifikasi hasilnya.

Chou berterima kasih kepada National Center for High-performance Computing yang telah menyediakan dana dan pelatihan, dan kepada Quanta Cloud Technology atas kontribusi peralatan penting dan biaya perjalanan selama sepuluh tahun terakhir. Tim NTHU juga berterima kasih kepada NTHU karena telah menyediakan ruang, peralatan, dan yang terpenting, lingkungan belajar antar disiplin ilmu.

Tim NTHU juga memenangkan SCC tahun 2010 dan 2011 selain Student Supercomputer Challenge tahun 2019 dan 2021.

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum

Kontak
Holly Hsueh
NTHU
(886)3-5162006

Sumber: National Tsing Hua University

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022