Batam (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI melakukan penjajakan program unggulan di Provinsi Kepulauan Riau dalam upaya dijadikan lokus pengembangan pusat keunggulan atau Center of Excellence International Knowledge Hub (CoE IKH).

Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan (Lalitbang) BKKBN RI M. Rizal Damanik di Batam, Kamis mengatakan kegiatan ini untuk memperhatikan keunggulan program Bangga Kencana di Provinsi Kepri.

Baca juga: Kepala BKKBN: Enam provinsi prevalensi stuntingnya di bawah 20 persen

Ia menyampaikan hal tersebut dalam kerangka kerja sama Selatan - Selatan sebagai upaya mendukung pencapaian keberhasilan program Bangga Kencana yang akan dipaparkan di tingkat internasional.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu komponen dari BKKBN adalah pusat pelatihan dan kerjasama internasional dimana pusat ini bertugas untuk menyosialisasikan dan mempromosikan BKKBN di forum internasional," ujar Rizal.

Menurutnya Kepri yang memiliki karakter daerah kepulauan menjadi daya tarik tersendiri dalam upaya pelaksanaan program Bangga Kencana.

Baca juga: BKKBN sosialisasi Program Bangga Kencana tekan angka stunting

Dengan begitu upaya sosialisasi Bangga Kencana di forum internasional BKKBN RI melakukan studi ke Kepri untuk mempelajari dan memahami karakter daerah yang akan menjadi bahan promosi tentang karakter kepulauan ini.

"Kita sudah memiliki 8 pusat keunggulan pada saat ini, tapi dalam pengamatan kami Kepri memiliki karakter dan juga potensi yang unik. Provinsi kepulauan dan tentunya punya tantangan dan daya tarik sendiri dalam upaya pelaksanaan program Bangga Kencana," kata dia.

Baca juga: BKKBN-Kedubes Tunisia teken MoU bangun keluarga berkualitas

"Selain daerah daratan, pegunungan, di kepulauan juga memiliki karakter sendiri namun tetap sukses dengan program Bangga Kencana. Kepri juga memiliki beragam prestasi dalam hal program dan administratif," tambah Rizal.

Dengan terlaksananya penjajakan program unggulan di Kepri, BKKBN dapat mempromosikan keberhasilan program Bangga Kencana di kancah internasional serta membawa delegasi di mancanegara untuk berkunjung ke wilayah tersebut.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022