Jakarta (ANTARA) - Wakil Indonesia pada Miss International 2022 di Jepang, Cindy May Mc Guire, tidak berhasil menjadi juara namun tetap menuai pujian atas keikutsertaannya di salah satu kontes kecantikan terbesar di dunia itu. 

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi mengapresiasi keikutsertaan Cindy pada ajang tersebut, yang digelar di Tokyo pada Selasa (13/12). 

"Keikutsertaan Cindy adalah salah satu bentuk promosi seni dan budaya Indonesia di forum internasional. Saya meyakini ke depannya Indonesia mampu merebut kembali juara yang pernah diraih pada 2018,” kata Heri dalam keterangan tertulis KBRI Tokyo, Kamis.

Menurut keterangan yang sama, kepala bidang komunikasi Yayasan Puteri Indonesia, Mega Angkasa, menyatakan bangga atas penampilan Cindy. 

“Mustika Ratu dan Yayasan Puteri Indonesia tetap bangga dengan penampilan Cindy. Kita semua mengetahui bagaimana Cindy bekerja keras mempersiapkan semua. Ini tentu akan menjadi pelajaran dan evaluasi untuk kami di tahun mendatang," kata Mega.

Cindy, yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2022, juga mengaku bangga dapat mewakili Indonesia di ajang Miss International 2022.

“Saya sudah melakukan persiapan yang maksimal. Saya pribadi merasa senang dan bahagia karena telah menampilkan nama Indonesia ke pentas dunia," katanya, seperti dikutip dalam keterangan tersebut.

Miss International disebut banyak media internasional, termasuk NBC News dan South China Morning Post, sebagai salah satu dari empat kontes kecantikan terbesar di dunia. Tiga lainnya adalah Miss World, Miss Universe, dan Miss Earth. 


Ratu Mandalika

Di ajang Miss International 2022, Cindy tampil antara lain dengan mengenakan kostum nasional bertema Puteri Mandalika dari Nusa Tenggara Barat (NTB) karya Jember Fashion Carnival x Bubah Alfian.

Busana itu, lanjut Cindy, bertaburan mutiara asli Indonesia karya perancang muda Anaz Khairunas.

Kostum tersebut mengadopsi legenda dari NTB yang sejalan dengan Bau Nyale, tradisi yang mengusung Ratu Mandalika sebagai tokoh cerita. 

Sosok Ratu Mandalika diceritakan memancarkan kecantikan melalui keberanian, sikap, dan kebaikan hingga membuat semua pangeran ingin menjadi suaminya.

Cindy, kelahiran Cirebon, Jawa Barat, pada 27 Juni 1996, gagal masuk ke kelompok 15 besar di antara 69 finalis dari berbagai negara di ajang tahunan tersebut.

Gelar Miss International 2022 disabet wakil Jerman, Jasmin Selberg, setelah ia mengalahkan kontestan dari Tanjung Verde, Peru, Kolombia, Jamaika, Kanada, Spanyol, dan Republik Dominika di babak 8 besar.

Baca juga: Putri Kecantikan Swiss meriahkan peragaan busana batik di Tulungagung

Baca juga: Presiden Jokowi libatkan Puteri Indonesia 2022 promosikan G20


 

Misi Laksmi dan tantangan di dunia literasi (Bag 1)

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2022