Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan para orang tua bahwa penguatan pendidikan karakter bagi anak dapat dimulai dari keluarga.

"Keluarga, khususnya orang tua berperan sangat penting dalam memberikan pendidikan pada anak sesuai dengan nilai-nilai dalam revolusi mental," kata Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi dihubungi dari Jakarta, Kamis.

Didik menjelaskan, nilai-nilai yang terkandung dalam revolusi mental adalah etos kerja, gotong royong, dan integritas.

"Nilai-nilai tersebut dapat diperkenalkan pada anak melalui pendidikan karakter sejak usia dini, baik di dalam keluarga maupun di sekolah," katanya.

Baca juga: Pendidikan karakter kunci utama agar anak tidak jadi pelaku bullying

Baca juga: Kemendikbudristek: Guru harus jadi sosok yang didambakan siswa


Dengan demikian, kata dia, Kemenko PMK mengajak seluruh orang tua untuk senantiasa berperan aktif mendampingi anak-anak dan menjadi teladan bagi anak-anak mereka.

"Selain perlu memastikan pemenuhan gizi optimal untuk mendukung tumbuh kembang anak, orang tua juga berperan dalam memberikan pendidikan karakter, sebagai kunci utama agar anak memiliki karakter yang berakhlak mulia dan penuh cinta kasih," katanya.

Kemenko PMK, kata dia, terus menggencarkan edukasi dan sosialisasi mengenai Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Menurutnya, seluruh masyarakat perlu berpartisipasi aktif dalam mendukung Gerakan Nasional Revolusi Mental dengan mengampanyekan perubahan pola pikir, pola hidup, dan pola tindak dalam rangka mencapai Indonesia Emas 2045.

"Generasi yang produktif dan unggul merupakan kunci utama yang sangat menentukan bagi pembangunan Indonesia guna mencapai Indonesia Emas 2045, yang semuanya bisa dimulai dari tingkat terkecil dalam tatanan masyarakat yaitu keluarga," katanya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Dr Seto Mulyadi atau lebih akrab disapa Kak Seto mengatakan penguatan pendidikan karakter di dalam keluarga sangat penting karena anak-anak yang tumbuh dengan penuh kasih sayang dan cinta kasih akan tumbuh menjadi anak-anak yang juga penuh cinta kasih dan berhati lembut.

"Dengan mengawal tumbuh kembang anak dengan baik, memberikan keteladanan sikap yang baik, dan mengajarkan anak agar berperilaku baik maka anak akan bertumbuh dan berkembang dengan karakter yang juga baik," katanya.*

Baca juga: Wali Kota Eri: Pendidikan karakter cegah kenakalan remaja di Surabaya

Baca juga: Kemenko PMK: Orang tua berperan penting bangun pendidikan karakter


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022