Kabupaten Bengkulu Tengah (ANTARA) - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan untuk penyandang disabilitas di Kabupaten Bengkulu Tengah berupa beberapa alat bantu dengan total bantuan senilai Rp243,8 juta.

"Kami menyampaikan amanah dari Menteri Sosial berupa bantuan asistensi rehabilitasi sosial usulan di Pemerintah Kabupaten Bengkulu Tengah melalui aspirasi anggota Komisi VIII DPR RI Muhamad Soleh," kata Koordinator Pokja Rehabilitas Sosial Sensorik Kementerian Sosial RI Widiyanti Sri Lestari di Kabupaten Bengkulu Tengah, Jum'at.
 
Ia mengatakan bahwa bantuan yang diberikan berupa alat bantu tongkat netra, tangan palsu dan kaki palsu, kursi roda anak dan dewasa dan bantuan kebutuhan dasar sembako, serta Bantuan langsung Tunai (BLT) BBM yang disalurkan oleh pihak PT Pos Indonesia.
 
Penyaluran bantuan untuk penyandang disabilitas 140 orang di 10 Kecamatan di Kabupaten Bengkulu Tengah dan penyaluran bantuan tersebut merupakan rangkaian memperingati hari disabilitas nasional pada 3 Desember serta hari Kesetiakawanan Nasional pada 20 Desember.
 
"Mudah-mudahan bantuan ini bisa membantu penyandang disabilitas dan penerima manfaat lainnya," ujarnya.

Baca juga: Warga lansia hingga disabilitas di Kepri dapat bantuan Atensi Kemensos

Baca juga: Mensos beri motivasi penyandang penyakit berat dan disabilitas di Aceh


Sementara itu, Pj Bupati Heriyandi Roni mengatakan bahwa pihaknya sangat berterima kasih atas dukungan dan perhatian pada masyarakat Kabupaten Bengkulu Tengah terkhusus kepada penyandang disabilitas.
 
"Tentu saja ini bagian dari proses mekanisme pembangunan termasuk dalam konteksnya dana aspirasi yang disampaikan wakil kita di DPR RI Muhammad Soleh," terangnya.
 
Ia berharap agar penyaluran bantuan tersebut tidak hanya sebatas ini dan pihak kemensos dapat lebih banyak lagi menyalurkan bantuan untuk masyarakat di Kabupaten Bengkulu Tengah.
 
Tenaga Ahli Anggota DPR RI Muhammad Soleh, Lukman Junaidi, menjelaskan bahwa Kabupaten Bengkulu Tengah angka penyandang disabilitasnya tergolong rendah.
 
Namun jika ada penyandang disabilitas yang belum terdaftar dalam penerimaan bantuan, maka dapat diajukan di tahun depan.
 
"Silakan pihak pemerintah melalui Dinas Sosial mengajukan bagi penyandang disabilitas yang belum terdaftar untuk menerima bantuan," sebutnya.

Baca juga: Kemensos dorong peningkatan ekonomi penyandang disabilitas di Sukabumi

Baca juga: Kemensos kembali salurkan alat bantu ke penyandang disabilitas

 

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022