Semarang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bersama Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Semarang menggelar kegiatan edukasi mengenai mutu dan keamanan pangan di lingkungan pondok pesantren.

"Ini pertama kali adanya sosialisasi terkait keamanan makanan dan jajanan di pondok pesantren di Jateng," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat menyampaikan sambutan dalam acara "Edukasi Pangan dan Jajanan Aman dan Bermutu di Ponpes" di Semarang, Jumat.

Dia mengatakan, kegiatan edukasi ditujukan untuk meningkatkan perhatian terhadap upaya penyediaan pangan yang bersih, sehat, dan aman di lingkungan pondok pesantren.

"Kegiatan edukasi ini juga digencarkan di pesantren. Mereka juga harus menginisiasi untuk pertemuan-pertemuan berikutnya, dan nanti bisa dikerjasamakan dengan Dinas Kesehatan provinsi maupun kabupaten/kota, serta narasumber dari BPOM dan lainnya," kata dia.

Selain menyampaikan pentingnya penyediaan pangan yang bersih, sehat, dan aman, Wakil Gubernur mengingatkan warga untuk menerapkan Cek KLIK atau Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa saat membeli produk pangan dan obat-obatan.

"Dengan melakukan Cek KLIK, diharapkan masyarakat terhindar dari obat dan makanan yang berbahaya dan tidak memenuhi syarat," katanya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang Sandra M.P Linthin menjelaskan bahwa program pengawasan jajanan telah dijalankan sejak tahun 2012 guna memastikan siswa sekolah mengonsumsi jajanan yang sehat dan aman.

Menurut dia, program intervensi BBPOM Semarang selama tahun 2022 telah menjangkau sekitar 3.000 sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, di wilayah Jawa Tengah.

"Kami akan memasuki pesantren-pesantren. Nanti kami mohon bisa berkoordinasi dengan Kanwil Kemenag, kami bisa mendapatkan data pesantren-pesantren mana saja yang akan kami utamakan, khususnya dengan jumlah santri yang banyak," katanya.

Baca juga:
BPOM sarankan donatur donasikan pangan aman-bernutrisi
BPOM dan Pemkot Surabaya keliling pasar awasi keamanan pangan


Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022