Jakarta (ANTARA) - Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) DKI Jakarta fokus berkontribusi menjaga stabilitas wilayah guna mendukung keberlanjutan pembangunan di Ibu Kota.

"Kami terpanggil untuk dapat berkontribusi aktif dalam upaya menjaga stabilitas DKI Jakarta. Tidak hanya lingkup organisasi, tetapi juga konteks yang lebih luas," kata Ketua FKPPI DKI Bambang Dirgantoro setelah dilantik sebagai pimpinan pengurus daerah IX organisasi itu di Gedung Lemhanas, Jakarta, Jumat.

Pihaknya fokus mengembangkan program eksternal dan internal selama masa kepengurusan 2022-2027 dalam upaya berkontribusi menjaga stabilitas wilayah.

Program eksternal akan terfokus pada membangun dan memelihara komunikasi, kerja sama dan sinergi dengan pemangku kepentingan terkait di Jakarta yang meliputi Pemerintah Provinsi DKI, pembina dari TNI-Polri serta organisasi kemasyarakatan.

Baca juga: BPS: Tak ada provinsi dengan status Indeks Pembangunan Manusia rendah

Menurut dia, ketidakpastian global dan tantangan regional yang semakin kompleks berpotensi menciptakan gangguan terhadap stabilitas politik, keamanan dan ekonomi suatu negara.

Untuk itu, ia menekankan organisasinya akan berkontribusi menjaga stabilitas daerah di Jakarta yang menjadi pusat perekonomian dan pemerintahan saat ini.

"Sedangkan kami pahami bersama bahwa stabilitas adalah kunci dari berlangsungnya pembangunan. Sebagai Keluarga Besar TNI-Polri tentunya kami memahami hal ini," katanya.

Sedangkan untuk program internal, pihaknya akan mengarahkan pada pemetaan potensi kader, distribusi kader di posisi strategis sebagai wujud nyata realisasi FKPPI sebagai kader bangsa, regenerasi, pengembangan dan pembinaan minat dan bakat.

Baca juga: Pj Gubernur DKI bertemu Kapolda Metro bahas pembangunan dan kamtibmas

Program itu dilaksanakan melalui pembentukan komunitas, pemanfaatan teknologi digital serta pembentukan satuan tugas sebagai organ taktis dalam merespons kebutuhan mendesak seperti bencana alam.

"Kami juga berpartisipasi dalam meringankan beban korban gempa Cianjur melalui pengiriman logistik darurat dan pemetaan terbatas wilayah terdampak serta potensi bencana ke depan," katanya.

Sebelumnya, Bambang Dirgantoro terpilih sebagai ketua secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah X pada 19 Oktober 2022 di Aula Sudirman, Markas Kodam Jaya Cililitan, Jakarta.

Sedangkan pada pelantikan tersebut dihadiri Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono, Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan pimpinan atau perwakilan instansi terkait lainnya.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022