Natuna (ANTARA) - Pangkalan Udara (Lanud) Raden Sadjad (RSA) membuka posko kesehatan dengan memberikan bantuan pengobatan kesehatan gratis kepada masyarakat pascabanjir di Natuna, Kepulauan Riau.

"Bantuan kesehatan dengan membuka posko di depan lapangan futsal Caesar, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur untuk masyarakat yang terdampak banjir beberapa hari terakhir," kata Komandan Lanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan di Natuna, Jumat.

Baca juga: Pemprov Kepri kesulitan kirim kasur untuk korban banjir di Natuna

Posko pengobatan gratis tersebut disambut baik oleh warga setempat, karena dinilai cukup membantu, khususnya warga Kelurahan Batu Hitam, Bunguran Timur dan sekitarnya.

"Terima kasih atas pelayanan posko pengobatan gratis dari TNI AU yang telah mengobati kami," kata salah satu warga Batu Hitam yang terdampak banjir, Samiah.

Baca juga: Pemprov Kepri bantu Rp300 juta untuk korban banjir di Natuna

Kepala RSAU Lanud RSA Mayor Kes dr A Ratno Wahyudono menyampaikan bahwa pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut mendapatkan penanganan mulai dari demam, flu, gatal-gatal, dan diare hingga Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA.

"Posko pengobatan gratis ini akan terus melayani warga dan korban banjir sampai aktivitas masyarakat kembali normal. Hal ini sesuai dengan perintah Danlanud kepada kami," ujarnya.

Baca juga: Korban banjir di Natuna butuh bantuan makanan, pakaian, dan alas tidur

Dalam kegiatan tersebut, Lanud Raden Sadjad mengerahkan 20 personel terdiri atas  3 dokter 10 perawat, 2 personel Satpomau , 2 personel Satuan Intel, dan 3 personel Babinpotdirga.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna korban banjir di Kelurahan Batu Hitam sebanyak 400 orang.

Pewarta: Cherman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022