Pada tanggal 18-21 Desember wilayah NTB berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang
Lombok Tengah (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini prakiraan hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi di wilayah NTB dalam tiga hari ke depan.

"Pada tanggal 18-21 Desember wilayah NTB berpotensi terjadi hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang," kata Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid, Lombok, Gede Dedy Krisnawan dalam keterangan tertulisnya di Praya, Lombok Tengah, Sabtu.

BMKG menyatakan pada Minggu (18/12) potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur dan Lombok Tengah.

Selain itu, terjadi juga di wilayah Pulau Sumbawa seperti di wilayah Sumbawa Barat, Sumbawa, Bima, Dompu dan Kabupaten Bima.

Baca juga: BMKG prakirakan sebagian besar wilayah Indonesia berawan Sabtu

Baca juga: Gempa magnitudo 5,2 terjadi di Sumur Banten, kedalaman 10 km


Sedangkan pada Senin (19/12) potensi hujan terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa Barat, Sumbawa Bima dan Dompu.

"Tanggal 21 potensi hujan terjadi di wilayah Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Bima dan Dompu," katanya.

Dengan adanya potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang masyarakat di imbau tetap waspada dan berhati-hati atas dampak bencana yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

"Warga diharapkan tetap waspada terhadap dampak bencana yang ditimbulkan," katanya.

BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca supaya masyarakat mewaspadai adanya potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang di sebagian wilayah Mataram, Lombok Tengah dan di Pulau Sumbawa.

"Potensi hujan terjadi pada siang hingga sore hari," katanya.

Baca juga: BMKG prakirakan wilayah timur Aceh dilanda hujan

Baca juga: BMKG: Hujan sedang-lebat akan guyur sebagian besar kota di Indonesia

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022