Komitmen ini kami lakukan untuk mempermudah jamaah calon haji yang sudah lanjut usia atau berusia uzur
Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Kantor Imigrasi Kelas II Non-Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat berupaya mempermudah pelayanan perekaman/pembuatan paspor bagi jamaah calon haji (JCH), dengan mendatangi langsung para calon jamaah di setiap kabupaten/kota di di wilayah pantai barat selatan Aceh.

"Komitmen ini kami lakukan untuk mempermudah jamaah calon haji yang sudah lanjut usia atau berusia uzur," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non-TPI Meulaboh, Azhar kepada ANTARA, Sabtu di Meulaboh.

Ia mengatakan komitmen tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian Kantor Imigrasi Meulaboh, dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya (JCH tahun keberangkatan 2023.

Azhar mengatakan proses pembuatan paspor dengan cara "jemput bola" tersebut, dimulai pada awal Januari 2023 mendatang.

Adapun daerah yang akan didatangi secara langsung tersebut meliputi Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Selatan, Kabupaten Simeulue Aceh.

Kemudian, Kabupaten Aceh Singkil serta Kota Subulussalam.

Ia menjelaskan proses pembuatan paspor ke kabupaten/kota ke wilayah pantai barat selatan Aceh, juga dimaksudkan untuk mengurangi biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap JCH.

"Karena kalau jamaah harus ke Meulaboh, biaya yang dikeluarkan pasti besar. Selain jarak tempuh mencapai sembilan hingga 10 jam perjalanan, jamaah harus menginap satu malam," katanya.

Belum lagi, kata dia,  kondisi para jamaah yang berusia lanjut atau uzur, tentu akan sangat menguras tenaga dan biaya.

"Jadi, Imigrasi Meulaboh ingin mempermudah jamaah calon haji yang ingin membuat paspor tanpa harus ke kantor. Kita datangi langsung, semoga ini dapat membantu masyarakat yang nantinya akan menunaikan ibadah ke Tanah Suci," demikian Azhar.

Baca juga: Jamaah haji asal Aceh Barat meninggal dunia di Tanah Suci

Baca juga: Calon haji Aceh mulai 2020 bisa urus visa di Kanwil Kemenag

Baca juga: Bisa berangkat musim haji tahun depan calhaj Aceh Barat yang hamil

Baca juga: 23 calon haji Aceh barat gagal berangkat


Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022