Pemenang lomba didapatkan dari tahapan seleksi yang cukup ketat, mulai dari seleksi administrasi, seleksi oleh dewan juri, hingga seleksi melalui rapat pleno melibatkan akademisi, praktisi, dan perwakilan Bank Indonesia
Bandung (ANTARA) - Pewarta tulis, foto dan video Perum LKBN ANTARA mendominasi pemenang ajang lomba karya tulis "West Java Journalist Competition" (WJCC) 2022 yang diadakan oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Barat bekerja sama dengan Forum Diskusi Wartawan Bandung (FDWB).
 
Pemberian penghargaan untuk pemenang dilakukan pada acara acara West Java Annual Meeting (WJAM) Tahun 2022, di Kabupaten Bandung, Senin.

Pewarta foto ANTARA Adeng Bustomi meraih juara 1 untuk kategori foto dan pewarta tulis Feri Purnama meraih juara 3 untuk kategori media daring (online).
 
Selain itu, pewarta foto Novrian Arbi, Raisan Al Farisi dan Dedi Suwidiantoro, juga berhasil keluar sebagai juara harapan pada kategori foto.
 
Kemudian, Mochammad Mardiansyah dan Dian Hardiana juga keluar sebagai juara harapan untuk kategori video.
 
Ketua Panitia West Java Journalist Competition 2022, Arif Budianto, mengatakan total karya yang masuk ke panitia ada 140 karya dengan penyebaran merata hampir dari semua daerah di Jawa Barat.
 
"Tahun 2022 ini partisipasi peserta cukup baik dengan komposisi penyebaran merata di empat kategori yaitu online, foto, cetak, dan video," katanya.
 
Ia menjelaskan pemenang lomba didapatkan dari tahapan seleksi yang cukup ketat, mulai dari seleksi administrasi, seleksi oleh dewan juri, hingga seleksi melalui rapat pleno melibatkan akademisi, praktisi, dan perwakilan Bank Indonesia.
 
"Penilaian didasarkan pada kesesuaian materi dengan tema, kedalaman berita, akurat, faktual, serta memberi inspirasi bagi masyarakat banyak," katanya.
 
Ia menambahkan lomba ini diharapkan mendorong para jurnalis di Jabar terus berkarya bagi kemajuan ekonomi dan masyarakat Jawa Barat.
 
"West Java Journalist Competition 2022", digelar dalam rangka memperkuat optimisme dan peran masyarakat untuk mendukung pemulihan ekonomi melalui peran media.
 
Ajang bergengsi dengan tema "Investasi dan Ketahanan Pangan Untuk Ekonomi Berkelanjutan".
 
Tahun ini merupakan kali kedua penyelenggaraan West Java Journalist Competition 2022 dan panitia telah menerima lebih dari 100 karya.
 
Kompetisi ini dibuka untuk para jurnalis aktif di seluruh Jawa Barat. Adapun sub tema yang diperlombakan ada lima yaitu Investasi untuk pemerataan pembangunan di Jawa Barat
 
Pengembangan ekonomi Jawa Barat bagian selatan khususnya di sektor pariwisata, perikanan, kelautan, dan pertanian, pembangunan infrastruktur untuk mendukung konektivitas Jawa Barat bagian Utara dan Selatan.
 
Dukungan UMKM dan pesantren untuk mendukung pengembangan ketahanan pangan dan ekonomi Jawa Barat dan Ketahanan pangan untuk pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat
 
West Java Journalist Competition 2022 dibuka untuk seluruh jurnalis aktif di seluruh. Karya dalam bentuk tulisan "straight news", "indepth news", artikel, video dan foto story, kata Arif Budianto.
 
Daftar lengkap pemenang West Java Journalist Competition 2022:
 
Juara Kategori Foto:
1. Adeng Bustomi (LKBN ANTARA)
2. Armin Abdul Jabar (Pikiran Rakyat)
3. Atang (Bisnis Indonesia)
 
Juara Harapan
1. Novrian Arbi (LKBN ANTARA)
2. Utoyo Prie A (Radar Cirebon)
3. Raisan Al Farisi (LKBN ANTARA)
4. Dedi Suwidiantoro (LKBN ANTARA)
5. Kevin Faza (Ayo Bandung
6. Ade Bayu Indra (Tugu Bandung)
7. Irfan Al-Farisi (Ayo Bandung)

Juara Kategori Online
1. Yudha Maulana (Detikcom)
2. Abdullah Fikri Ashri (Kompas)
3. Ferry Purnama (LKBN ANTARA)
 
Juara Harapan
1. Sudirman Wamad (Detik)
2. Denny Suryadharma (Madania.co.id)
3. Handi Salam (Radar Sukabumi)
4. Eneng Reni N (Ayo Bandung)
5. Wisma Putra (Detik)
6. Rizma Riyandi (Ayo Bandung)
7. Dwi Setiyadi (Suara Merdeka)
 
Juara Kategori Cetak
1. M Syarif Abdussalam (Tribun Jabar)
2. Lisna Wati (Radar Tasikmalaya)
3. Bambang Arifianto Pikiran Rakyat
 
Juara Harapan
1. Noviantor Nurulliah (Pikiran Rakyat)
2. Khoirul Anwarudin (Radar Cirebon)
3. Hj Eli Siti Wasliah (Koran Gala)
4. Dea Andriyawan (Bisnis Indonesia)
5. Ma'mun Aliah (Radar Bandung)
6. Bayu Adji (Republika)
7. Aris Mohamad Fitrian (Kabar Priangan)
 
Juara Kategori Video
1. Ramadhani Prihatini CNBC
2. Jerry Komara CNN
3. Azzi Ferdiansyah Kompas TV

Juara Harapan
1. Kholid Mawardi (RCTI)
2. Mohammad Mardiansyah (LKBN ANTARA)
3. Dian Hardiana (LKBN ANTARA)
4. Arif Budi (TVRI)
5. Ervan David (MNC TV)
6. Laisa Khoerun Nisa (CNN)
7. Budi Hartati (Bandung TV)

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022