nantinya saat peringatan Hari Ibu akan diumumkan pemenang penataan kawasan unggulan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan penilaian terhadap program penataan kawasan unggulan yang tengah berlangsung di setiap kelurahan.

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Wali Kota  Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan penilaian ini dalam rangka menyambut Hari Ibu yang diperingati setiap 22 Desember.

"Penilaian dilakukan tim  dari tingkat kota dan nantinya saat peringatan Hari Ibu akan diumumkan pemenang penataan kawasan unggulan," kata Iqbal Akbarudin saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Iqbal mengungkapkan, dalam penataan kawasan unggulan dapat memunculkan karakteristik lokasi atau ikon baru dari lokasi tersebut.

"Contohnya seperti Kelurahan Harapan Mulya dengan adanya penataan kawasan Gang Gobang. Inilah ikon baru bagi masyarakat dari salah satu titik lokasi unggulan," ungkapnya.

Iqbal menjelaskan dalam penataan kawasan unggulan memiliki beberapa kriteria yakni, terjadi peningkatan kualitas lingkungan dan adanya peran serta masyarakat dalam penataan kawasan.

"Peran serta masyarakat dalam penataan kawasan itu juga harus ada kesesuaian antara perencanaan atau konsep dengan aktivitas masyarakat, sehingga masyarakat juga ikut terlibat dalam seluruh proses perencanaan secara nyata di dalam merealisasikan konsep perencanaan tersebut," ucapnya.

Iqbal melanjutkan, selain itu memenuhi kriteria terhadap ketepatan waktu dalam penyelesaian perencanaan yang dibuat untuk tahap pertama yaitu tiga bulan.

"Penataan kawasan ini setidaknya bisa menyelesaikan permasalahan yang dirasakan warga masyarakat selama ini seperti parkir liar, pedagang kaki lima (PKL), permasalahan sampah atau pemanfaatan fungsi sarana prasarana lainnya itu terselesaikan dengan adanya penataan kawasan yang kita lakukan," ujarnya.

Ia juga mengharapkan adanya penataan kawasan di wilayah Jakarta Pusat dapat mengembalikan fungsi sarana prasarana seperti awal mulanya.

"Tidak hanya terselesaikan tetapi juga mengembalikan seluruh fungsi-fungsi sarana prasarana yang ada," imbuhnya.
Baca juga: Jakpus lakukan penataan wilayah menjelang KTT G20
Baca juga: Trotoar di Jalan Letjen Suprapto ditertibkan petugas gabungan


Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022