Denpasar (ANTARA) - ​​​​​​Kantor Berita ANTARA Biro Bali menggelar Pelatihan Bahasa Jurnalistik diikuti seluruh karyawan dalam rangka peningkatan kualitas penulisan dan sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-85 ANTARA di daerah itu.

Kepala LKBN ANTARA Biro Bali Edy M. Yakub di Denpasar, Senin, menjelaskan pelatihan tersebut memperkuat pemahaman pewarta/koresponden tulis dan foto mengenai struktur bahasa jurnalistik yang benar, sehingga penggunaan setiap kata dan tulisan atau foto lebih berkualitas.

"Sebenarnya ANTARA punya buku selingkung tapi kadang tergantung redaktur. Jalan tengahnya teman-teman harus siap salah, tapi teman-teman tahu alasan penggunaan kata itu. Mudah-mudahan pelatihan ini mengangkat kualitas tulisan teman-teman, bukan hanya kuantitas," kata dia.

Pelatihan bahasa itu menghadirkan pemateri mantan Kepala Biro ANTARA NTB dan mantan redaktur ANTARA Biro Bali P.K. Yanes Setat.

Kepada wartawan tulis dan foto, Yanes menyampaikan aturan-aturan bahasa dalam penulisan, mulai dari menjelaskan dasar terkecil dari bahasa yaitu fonem.

"Kumpulan dari fonem adalah morfem, yang terdiri dari morfem bebas dan terikat. Morfem terikat terdiri dari afiks, imbuhan baru, dan imbuhan asing," kata dia.

 
Foto bersama karyawan ANTARA Biro Bali dan eksternal saat perayaan HUT ke-85 di Denpasar, Senin (19/12/2022). ANTARA/Dokumen Biro Bali

Dalam pelatihan itu, ia banyak menjelaskan soal penggunaan imbuhan dan kata penghubung dalam sebuah berita, selain menekankan penggunaan huruf kapital, angka, dan tanda baca.

Menurut dia, perbedaan penulisan angka satuan dengan puluhan ke atas dalam huruf atau angka karena alasan teori optik, hal yang sama juga berlaku dalam penggunaan tanda baca.

"Kalau jurnalis itu baca cepat, seperti gelar pada nama juga tidak usah pakai titik untuk menghemat ruang," ujarnya.

Yanes juga mengatakan dalam buku selingkung milik Kantor Berita ANTARA memang masih banyak yang menjadi perdebatan, karena buku acuan tersebut terkait dengan kekhasan yang dimiliki setiap media, maka harus ada alasan yang tepat.

Dalam perayaan HUT Ke-85 ANTARA, selain pelatihan menulis, ANTARA Biro Bali merayakan dengan syukuran pemotongan tumpeng dan makan bersama yang dihadiri seluruh karyawan dan eksternal yang selama ini mendukung keberadaan ANTARA Biro Bali.

Sebelumnya, keluarga besar LKBN ANTARA Biro Bali melakukan "family gathering" di objek wisata kolam pemandian air panas alami "Toya Devasya" di kawasan Kintamani, di bawah Gunung Batur, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali pada 1-2 Juli 2022.

Selain itu, LKBN ANTARA Biro Bali juga terlibat dalam peliputan KTT G20 dan pameran foto "Recover Together Recover Stronger" di BICC The Westin Resort, Nusa Dua, Bali pada 12-17 November 2022.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022