Denpasar (ANTARA) - Bali United FC mengaku tak khawatir laga melawan PSS Sleman di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Senin pukul 20.15 WIB, berlangsung tanpa kehadiran pelatih kepala Stefano “Teco” Cugurra mendampingi tim di sisi lapangan.

Teco terpaksa absen mendampingi tim asuhannya dari bangku pemain karena ia mengantongi dua kartu kuning di laga tandang Bali United melawan Persita Tangerang pada pekan ke-12 Liga 1 2022/2023 dan saat Bali United menjamu Borneo FC Samarinda pada pekan ke-15.

Oleh karena itu, pelatih berkebangsaan Brazil itu mematuhi aturan yang ditetapkan oleh Liga 1, khususnya pada Pasal 57 ayat (12) Regulasi Liga 1 2022/2023.

"Ofisial yang memperoleh akumulasi dua kartu kuning dalam dua pertandingan yang berbeda selama berlangsungnya Liga 1, tidak diperkenankan untuk mendampingi satu kali pertandingan pada pertandingan berikutnya setelah akumulasi tersebut tercapai. Aturan ini juga berlaku untuk kelipatan berikutnya (keempat, keenam, kedelapan, dan seterusnya),” demikian isi ketentuan itu sebagaimana dikutip dari laman Bali United FC di Denpasar, Senin.

Walaupun demikian, absennya pelatih kepala Bali United tak menjadi masalah buat tim.

Baca juga: Bali United enggan anggap remeh PSS Sleman, turunkan pemain terbaik

Asisten Pelatih Bali United Antônio Cláudio pada sesi jumpa pers menjelang pertandingan yang siarannya diterima di Denpasar, Senin, menyampaikan Teco selalu mendampingi para pemain selama 3 hari saat latihan dan persiapan.

“Coach Teco tidak bisa hadir, tetapi pada 3 hari dalam masa persiapan, Coach Teco selalu bersama tim,” kata Antônio Cláudio yang juga populer dengan nama Toyo.

Ia menambahkan Teco juga telah memberi instruksi kepada para pemain sehingga Toyo yakin ketidakhadiran pelatih kepala tidak menjadi masalah buat tim.

“(Coach Teco) sudah menyampaikan tugas dan tanggung jawab kepada para pemain sehingga tidak ada kendala apa-apa,” kata Asisten Pelatih Bali United.

Pada laga pekan ke-16 Liga 1 2022/2023, Bali United mengincar kemenangan dari PSS Sleman — yang sementara ini berada di zona degradasi — demi merebut kembali posisi puncak dari Borneo FC Samarinda.

Toyo pada sesi jumpa pers, Minggu (18/12), menyampaikan pihaknya bakal menurunkan pemain-pemain terbaiknya demi meraih kemenangan itu.

“Sejauh ini, kami tetap tampil full team siapa pun yang diturunkan merupakan pilihan terbaik saat ini,” kata Antônio Cláudio, yang mewakili Pelatih Kepala Stefano Cugurra.

Bali United sementara ini menempati urutan kedua klasemen Liga 1 2022/2023 dengan perolehan 30 poin, sementara PSS Sleman menempati urutan ke-16 dengan perolehan 13 poin.

Baca juga: Persib Bandung balikkan keadaan untuk taklukkan Persis Solo 2-1

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2022