Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang hukum terjadi di Indonesia pada Senin (19/12), mulai dari Pengamanan Natal dan Tahun Baru libatkan 166.791 personel gabungan, hingga 2 WNA China meninggal dalam kecelakaan kereta kerja di Bandung.

Berikut sajian berita bidang hukum yang dirangkum LKBN ANTARA.

Pengamanan Natal dan Tahun Baru libatkan 166.791 personel gabungan

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengatakan terdapat 166.791 personel dari berbagai instansi yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023.

“Terdiri dari 101 ribu personil Polri, kemudian ditambah dengan dari TNI, Panglima TNI sampaikan ada 23 ribu, dan sisanya dari seluruh stakeholder terkait,” kata Listyo setelah rapat terbatas persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Polri amankan 41.702 gereja dalam Operasi Lilin 2022

Polri fokus mengamankan sebanyak 41.702 gereja selama masa Operasi Lilin 2022 mulai 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023.

"Ada 41.702 gereja jadi sasaran utama Operasi Lilin 2022," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo usai Apel Satgas Humas Polri dalam rangka Operasi Lilin 2022 di Mabes Polri, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

KPK tetapkan seorang hakim yustisial jadi tersangka baru kasus suap MA

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan seorang tersangka baru, yang merupakan hakim yustisial, dalam kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

"Saat ini KPK telah menetapkan satu orang hakim yustisial di MA sebagai tersangka," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Divpropam meminta keterangan keluarga korban tragedi Kanjuruhan

Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri meminta keterangan kepada sejumlah keluarga atau ahli waris korban peristiwa kericuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 1 Oktober 2022 yang menewaskan sebanyal 135 orang.

Anggota Tim Hukum Gabungan Aremania (TGA) Anjar Nawan Yusky di Kota Malang, Senin, mengatakan langkah Divpropam meminta keterangan keluarga dan ahli waris korban tragedi Kanjuruhan tersebut dilakukan setelah adanya laporan dari TGA pada 21 November 2022.

Selengkapnya baca di sini.

2 WNA China meninggal dalam kecelakaan kereta kerja di Bandung

Kecelakaan antara lokomotif kereta kerja dan kereta teknis di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Minggu (18/12), mengakibatkan dua warga negara asing (WNA) asal China meninggal dunia.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo di Jakarta, Senin, membenarkan dua korban tewas adalah warganegara China yang bekerja sebagai teknisi.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022