Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memuji persiapan tim nasional sepak bola Indonesia menghadapi laga perdana melawan Kamboja pada Piala AFF 2022.

"Saya sudah melihat saat timnas melakukan latihan TC di Bali. Coach Shin Tae-yong sudah menerapkan program yang bagus buat mereka," kata Amali dalam laman resmi Kemenpora, Selasa.

Menpora berharap tim nasional Indonesia bisa menang pada laga perdana lawan Kamboja dan menjadi juara pada Piala AFF 2022.

"Harapannya timnas kita bisa sampai ke final dan juara," ujar Amali.

Baca juga: Menpora ingin Piala AFF 2022 jadi tontonan menarik bagi masyarakat

Pelaksanaan kejuaraan sepakbola dua tahunan di Asia Tenggara itu akan digelar pada 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023.

Dalam ajang tersebut Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina. Sementara, Grup B dihuni oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Pada fase grup, skuad Garuda akan menjalani dua laga kandang yang seluruhnya dimainkan di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, serta dua laga tandang. Jadwal Piala AFF 2022 bakal dibuka dengan laga Grup A Kamboja vs Filipina, Selasa.

Timnas Indonesia dijadwalkan melakoni laga pertama pada Jumat (23/12) melawan Kamboja di Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta. Setelah itu, Indonesia akan kembali melakoni laga kandang saat bersua Thailand pada 29 Desember mendatang juga di lokasi yang sama.

"Mudah-mudahan mereka saat tampil perdana besok menjamu Kamboja bisa memenangkan pertandingan," kata Menpora.

Indonesia juga mendapat jatah dua laga tandang selama berjuang pada fase grup Piala AFF 2022. Skuad Garuda bakal melakoni kedua laga tandang tersebut ketika melawan Brunei di Kuala Lumpur Football Stadium pada 26 Desember 2022, dan Filipina di Rizal Memorial Stadium pada 2 Januari 2023.

Baca juga: Shin Tae-yong: Indonesia kali ini harus juara Piala AFF
Baca juga: Shin tae-yong rilis 23 pemain untuk Piala AFF, tak ada Elkan dan Sandy
Baca juga: Polri izinkan penonton AFF 2022 sebanyak 70 persen

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022