Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mendorong sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, termasuk lembaga independen untuk menuntaskan isu multi-sektoral terkait perempuan.

"Sinergi kolaborasi kita bangun, pasti tidak ada istilah tidak mungkin dan tidak bisa untuk kita menyelesaikan PR yang berkaitan dengan perempuan," tutur Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, di Jakarta, Rabu.

Ia meyakini sinergi dan kolaborasi seluruh pihak akan mampu meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan perempuan Indonesia, termasuk menyelesaikan lima arahan Presiden RI kepada Kemen PPPA, yaitu pemberdayaan perempuan di bidang kewirausahaan berperspektif gender; peningkatan peran ibu dan keluarga dalam pengasuhan/pendidikan anak; penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak; penurunan pekerja anak; dan pencegahan perkawinan anak.

Dalam rangka menyambut Peringatan Hari Ibu (PHI) pada 22 Desember 2022, Kemen PPPA merayakan kepemimpinan perempuan bersama Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan para pimpinan perempuan lembaga independen di berbagai sektor.

Sementara Ketua Komnas Perempuan Andy Yentriyani mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan menjelang Peringatan Hari Ibu yang merupakan peringatan pergerakan perempuan Indonesia.

Menurut Andy Yentriyani, peringatan Hari Ibu berangkat dari Kongres Wanita Indonesia yang pada saat itu tidak hanya mendiskusikan isu-isu yang kerap dianggap dekat dengan perempuan, tetapi juga membahas visi bangsa Indonesia yang menjadi inspirasi bagi kongres lainnya.

"Pertemuan ini dilaksanakan untuk mengupayakan agar dalam proses kepemimpinan di lembaga dengan tugas, fungsi, dan mandat kita masing-masing, kita bisa saling menguatkan agenda-agenda yang ada, baik dalam kerja sama secara kelembagaan maupun meningkatkan persahabatan yang akan terus menjadi kekuatan dalam kepemimpinan perempuan," katanya.

Baca juga: Menteri PPPA: Momentum Hari Ibu harus jadi inspirasi bagi perempuan
Baca juga: Bengkulu jadi tuan rumah Peringatan Hari Ibu
Baca juga: Menteri PPPA: Hari Ibu kenang perjuangan Kongres Perempuan Indonesia

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022