Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI mengadakan festival lampu dan nyanyian rohani di beberapa lokasi di Ibu Kota hingga 5 Januari 2023 untuk memeriahkan perayaan Natal 2022.

“Ini adalah upaya kami selaku pemerintah daerah dalam memelihara kerukunan antarumat beragama,” kata Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Gunas Mahdianto di Jakarta, Rabu.

Festival nyanyian Natal berlangsung pada 19-23 Desember 2022 mulai pukul 15.30-17.30 WIB. Kegiatan itu diadakan di Terowongan Kendal, Kota Tua dan pedestrian Hotel Indonesia (HI).

Sedangkan festival lampu atau "Jakarta Lights Festival" diadakan mulai 22 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023 di Taman Sumenep Promenade, Jakarta Pusat, dan Pelataran Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua, Jakarta Barat.

Perayaan Natal Bersama di Ancol 
diselenggarakan pada 13 Januari 2023 yang di antaranya diikuti oleh ASN dan BUMD DKI Jakarta.

Pemrov DKI Jakarta mengusung rangkaian acara perayaan Natal dengan semangat toleransi, keharmonisan, keamanan, kedamaian dan suka cita. "Kami harap perayaan Natal di wilayah DKI Jakarta berlangsung aman, kondusif, damai dan penuh suka cita,” kata 
Gunas.

Baca juga: Satpol PP Jakpus bersih-bersih di gereja menjelang Natal 2022
Baca juga: Satpol PP DKI kerahkan 1.406 personel bantu pengamanan Natal

Dalam menyelenggarakan kegiatan itu, Pemprov DKI bersinergi dengan berbagai pihak di antaranya Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama, lembaga keagamaan dan komunitas hingga warga.

“Agar acara berjalan lancar, kami perkuat koordinasi dan sinergi antar Organisasi Perangkat Daerah baik di internal dan eksternal Pemprov,” katanya.

Jajaran Pemprov DKI akan berkunjung lokasi kegiatan bersama Forkopimda, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah, Kantor Wilayah Kementerian Agama, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Perwakilan Majelis Tinggi Agama.

Menurut Gunas, penyelenggaraan acara Natal di Jakarta tetap menaati aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).Bahkan di sejumlah gereja terdapat lokasi vaksinasi yang disediakan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta.

“Kami imbau agar masyarakat yang menyaksikan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini juga tetap menjaga prokes, seperti memakai masker dan telah divaksinasi,” katanya.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022