Jakarta (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta mengerahkan sebanyak 1.760 petugas untuk menjaga kebersihan saat perayaan Natal termasuk di tempat wisata.

“Kami instruksikan seluruh suku dinas dan pelaksana di tiap kecamatan mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja,” kata Kepala DLH DKI Asep Kuswanto di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, penanganan kebersihan oleh petugas oranye selama Natal tetap berlangsung seperti biasa, meski jatuh pada hari libur.

Asep mengungkapkan, untuk mengantisipasi tumpukan sampah pada momen tersebut, pihaknya telah mempersiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana dan armada penanganan sampah.

Pihaknya mengerahkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan.Mereka ditugaskan memastikan Natal dan rangkaian perayaannya berlangsung dengan baik.

“Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurusnya untuk mempersiapkan rangkaian perayaan natal,” kata Asep.

Baca juga: Satpol PP Jakpus bersih-bersih di gereja menjelang Natal 2022
Baca juga: Pemkot Jakbar dan Bulog gelar pasar murah jelang Natal dan tahun baru


DLH juga mengerahkan regu comot di lingkungan gereja bekerjasama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan.

Selain personel, DLH juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, mobil penyapu jalan otomatis, toilet keliling, tempat sampah beroda dan menyiagakan TPST Bantargebang beroperasi 24 jam untuk melakukan pelayanan di malam Natal.

Petugas kebersihan DLH akan bekerja optimal terutama di gereja dengan jumlah jemaat besar di antaranya Gereja Katedral dan Emanuel Jakarta Pusat dan gereja di Jakarta Barat.

Kemudian, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu di Jakarta Selatan, Gereja Theresia di Jakarta Timur dan Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading di Jakarta Utara.

Untuk tempat wisata selama libur Natal, pihaknya juga mengantisipasi penanganan kebersihan seperti di Monas, Taman Margasatwa Ragunan, Kawasan Ancol, Kawasan Kota Tua dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Di beberapa tempat wisata dan pusat keramaian utama di Jakarta juga disiapkan bus toilet, mobil sapu jalan otomatis, serta petugas gerobak motor yang setiap dua jam sekali melakukan penyisiran sampah.
 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022