Jakarta (ANTARA) - The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan Majalah SWA merilis daftar perusahaan yang paling dipercaya, "Indonesia Most Trusted Companies Award 2021", melalui program Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2021 pada Selasa (20/12).

"Ini merupakan bentuk pengakuan, penghargaan dan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG (Good Corporate Governance) secara berkelanjutan berdasarkan hasil pemeringkatan CGPI 2021," kata Chairman IICG Gendut Suprayitno dalam keterangannya pada Kamis.

CGPI merupakan program riset dan pemeringkatan praktik GCG perusahaan di Indonesia yang sudah rutin dilaksanakan setiap tahunnya sejak 2001. Kepesertaannya meliputi perusahaan dari Emiten, BUMN, BUMD, perbankan, perbankan syariah dan IKNB

"Penyelenggaraan CGPI tahun ini yang disebut CGPI 2021 (karena tahun penilaiannya tahun buku 2021) sebagaimana CGPI tahun-tahun sebelumnya memiliki fokus tema penilaian yang selalu mencermati isu dan fenomena perkembangan bisnis terkini dalam implementasi GCG di perusahaan," kata Gendut Suprayitno.

CGPI 2021 memiliki tema “Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka GCG” yang berfokus pada sistem ketangguhan perusahaan terhadap dinamika perubahan sesuai tata nilai, prinsip dan aturan tata kelola dalam rangka menciptakan nilai tambah bagi para pemangku kepentingan guna memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan secara etikal dan bermartabat.

Baca juga: SWA rilis perusahaan publik pencetak cuan tertinggi bagi investor

Baca juga: Praktisi ungkap pentingnya "brand guardian" di tengah potensi resesi


CGPI 2021 diikuti oleh total 34 perusahaan sebagai peserta. Setiap perusahaan peserta telah mengikuti dua tahapan penilaian yaitu tahapan analisis dan observasi.

Tahapan analisis dilakukan dengan metode pengisian kuesioner (self assessment) dan penilaian dokumen perusahaan, sedangkan tahapan observasi dengan metode paparan eksekutif dan diskusi aktif antara tim penilai dengan Organ Perusahaan.

Aspek penilaian pada CGPI 2021 mencakup struktur tata kelola (governance structure), proses tata kelola (governance process), dan hasil tata kelola (governance outcome) yang dijabarkan dalam beberapa indikator menggunakan perspektif pemangku kepentingan (stakeholder).

Hasil pemeringkatan CGPI 2021 berupa skor dan indeks yang dikelompokkan ke dalam tiga kategori tingkat kepercayaan, yaitu kategori Sangat Terpercaya (skor 85-100), Terpercaya (skor 70-84) dan Cukup Terpercaya (skor 55-69).

Hasil pemeringkatan CGPI 2021 telah menetapkan sebanyak 16 perusahaan peserta dengan kategori Sangat Terpercaya​​​​​​​ dan 18 perusahaan dengan kategori Terpercaya.

Dalam penyelenggaraan CGPI 2021 tahun ini tidak ada perusahaan peserta yang memiliki capaian dengan kategori Cukup Terpercaya.

Berikut rincian perusahaan penerima penghargaan Most Trusted Companies Award, CGPI 2021 “Membangun Ketangguhan Perusahaan dalam Kerangka GCG”

16 perusahaan kategori Sangat Terpercaya
1. PT Angkasa Pura II
2. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
3. PT Bank Mandiri Taspen
4. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
5. PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk
6. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
7. PT Bank Syariah Indonesia Tbk
8. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk
9. PT Bukit Asam Tbk
10. PT Mandiri Sekuritas
11. PT Pegadaian
12. PT Petrokimia Gresik
13. PT Pupuk Indonesia (Persero)
14. PT Pupuk Kalimantan Timur
15. PT Pupuk Sriwidjaja Palembang
16. PT Wijaya Karya (Persero) Tbk

18 perusahaan kategori Terpercaya
1. PT Asuransi BRI Life
2. PT Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia
3. PT AXA Mandiri Financial Services
4. PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung
5. PT BNI Life Insurance
6. PT BRI Asuransi Indonesia
7. PT BRI Multifinance Indonesia
8. PT Finnet Indonesia
9. PT Infomedia Nusantara
10. PT Kereta Api Indonesia (Persero)
11. PT Len Industri (Persero)
12. PT Mandiri AXA General Insurance
13. PT Mandiri Tunas Finance
14. PT MRT Jakarta (Perseroda)
15. PT MULTIMEDIA NUSANTARA
16. PT Permodalan Nasional Madani
17. PT Pupuk Kujang
18. PT TASPEN (Persero)

Baca juga: Terapkan GCG, Pupuk Indonesia dinobatkan jadi perusahaan terpercaya

Baca juga: Angkasa Pura II raih predikat perusahaan terpercaya

Baca juga: SWA dan NBO Indonesia gelar ajang perusahaan pencetak pemimpin

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022