Memang kita harus melakukan lebih dari sekedar bantuan sosial yakni melalui pemberdayaan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan bantuan dari Kementerian Sosial untuk mengatasi masalah sosial warga pesisir di Cilincing, Jakarta Utara, mengalami kemajuan.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Jumat, Mensos Risma meninjau Instalasi Air Bersih dan Mesin Produksi Bata Hebel dari Cangkang Kerang di Kelurahan Kalibaru Kecamatan Cilincing.

Nah Alhamdulillah (di sini) kita produksi air minum dan air bersih. Kemudian hasil (sisanya) ditahan bisa untuk digunakan (pembuatan) garam," ujar Mensos saat mengunjungi kawasan tersebut pada Kamis (22/12).

Risma dalam kesempatan tersebut mengatakan Kemensos berpengalaman bekerja sama dengan perguruan tinggi dan swasta memberikan bantuan instalasi air bersih atau penyulingan air seperti di Papua, Banten, Gunung Kidul.

Bantuan ini merupakan bagian dari program pemberdayaan yang disalurkan melalui Forum keserasian sosial. Adapun pelaksanaannya dikelola bersama Karang Taruna, Pelopor Perdamaian, SDM PKH, hingga relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana).

Baca juga: Mensos Risma sebut banyak tantangan angkat derajat perempuan

Baca juga: Hari Ibu, Mensos: Jangan ada anak telantarkan orang tua


Kementerian Sosial juga memberikan pelatihan kewirausahaan untuk ibu-ibu warga Cilincing. Hal ini merespons permasalahan yang dirasakan ibu-ibu yang menghadapi masa sulit di saat harga ikan anjlok saat panen.

"Memang kita harus melakukan lebih dari sekedar bantuan sosial yakni melalui pemberdayaan, supaya (masyarakat) lebih sejahtera," kata Mensos.

Dalam kesempatan yang sama, Mensos menyerahkan bantuan yang terdiri dari bantuan Keserasian Sosial, Rumah Sejahtera Terpadu (RST), Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi), bantuan aksesibilitas penyandang disabilitas, dan bantuan anak yatim piatu.

Bantuan Atensi untuk 144 orang berupa Kewirausahaan dan paket sembako senilai Rp308.445.500; bantuan anak yatim piatu untuk 105 anak dengan total Rp63.000.000 atau Rp600.000/anak.

Baca juga: Mensos: Tidak boleh terjadi lagi pemasungan ODGJ

Baca juga: Mensos apresiasi kesetiakawanan sosial relawan- Tagana dalam bencana

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022