Dow Jones bertambah 176,44 poin atau 0,53 persen, menjadi menetap di 33.203,93 poin
New York (ANTARA) - Wall Street menguat pada akhir perdagangan Jumat (Sabtu pagi WIB), dalam volume transaksi yang ringan menjelang libur panjang akhir pekan, karena investor menilai data inflasi terhadap kenaikan suku bunga dan kekhawatiran resesi, sementara saham energi melonjak menyusul harga minyak lebih tinggi.

Indeks Dow Jones Industrial Average bertambah 176,44 poin atau 0,53 persen, menjadi menetap di 33.203,93 poin. Indeks S&P 500 terangkat 22,43 poin atau 0,59 persen, menjadi berakhir di 3.844,82 poin, Indeks Komposit Nasdaq meningkat 21,74 poin atau 0,21 persen, menjadi ditutup di 10.497,86 poin.

Indeks S&P 500 dan Nasdaq melemah untuk minggu ketiga berturut-turut, dengan indeks acuan jatuh 0,2 persen dibandingkan dengan penurunan mingguan 1,9 persen untuk Nasdaq. Namun Dow menguat 0,9 persen untuk kenaikan mingguan pertama dari tiga pekan.

Sebuah laporan Departemen Perdagangan menunjukkan belanja konsumen AS hampir tidak naik pada November, sementara inflasi semakin dingin, tetapi tidak cukup untuk mencegah Federal Reserve AS dari mendorong suku bunga ke tingkat yang lebih tinggi tahun depan.

Indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), pengukur inflasi pilihan Fed, naik 0,1 persen bulan lalu setelah naik 0,4 persen pada Oktober.

Sebuah survei acuan menunjukkan konsumen AS memperkirakan tekanan harga menjadi moderat terutama di tahun depan, dengan prospek inflasi satu tahun turun ke level terendah dalam 18 bulan pada Desember.

Indeks Wall Street turun tajam pada Kamis (22/12/2022) setelah data yang direvisi menunjukkan ekonomi Amerika tangguh, memicu kekhawatiran bahwa Federal Reserve dapat mempertahankan kenaikan suku bunga lebih lama dan akhirnya mendorong ekonomi ke dalam resesi.

Tetapi, data Jumat (23/12/2022) dan fakta bahwa data tersebut secara kasar sejalan dengan ekspektasi, meredakan beberapa kekhawatiran untuk saat ini, menurut Shawn Cruz, kepala strategi perdagangan di TD Ameritrade di Chicago, Illinois.

"Ini adalah indikasi yang jelas bahwa ini adalah berita buruk, berita baik dari pasar. Pasar ingin The Fed merasa apa yang mereka lakukan sudah cukup," kata Cruz, dikutip dari Reuters.

"Ini mengkhawatirkan tentang apa jalan kebijakan Fed untuk tahun depan karena itu akan mendorong ekonomi dan laba perusahaan."

Investor telah gelisah sejak minggu lalu karena Fed mengindikasikan bahwa mereka tetap berkomitmen untuk mencapai sasaran inflasi 2,0 persen dan memproyeksikan kenaikan suku bunga di atas 5,0 persen pada 2023, level yang tidak terlihat sejak 2007.

Joe Quinlan Kepala Strategi Pasar di Merrill and Bank of America Private Bank juga menyebut sikap hawkish Fed sebagai "awan besar di depan mata".

"Hari ini lebih merupakan tanggapan yang diredam terhadap data yang baik tetapi masih belum semuanya jelas, misi tercapai," katanya, menambahkan bahwa perkiraan laba para analis untuk 2023 kemungkinan terlalu tinggi.

Cruz dari TD Ameritrade juga mencatat bahwa volume perdagangan yang tipis mungkin telah menciptakan pergerakan yang lebih berlebihan pada Kamis (22/12/2022) dan Jumat (23/12/2022) dengan volume turun tajam pada Jumat (23/12/2022) karena para peserta kemungkinan mengambil cuti menjelang akhir pekan yang panjang saat pasar AS akan ditutup pada Senin (26/12/2022), sehari setelah liburan Natal.

Saham energi menonjol mencatat kenaikan terbesar sepanjang sesi karena harga minyak naik menyusul berita rencana Moskow untuk memangkas produksi minyak mentah.

Saham Tesla Inc telah menyentuh level terendah lebih dari dua tahun dalam perdagangan yang fluktuatif karena janji bos Elon Musk untuk tidak menjual sahamnya setidaknya selama dua tahun tidak meyakinkan investor.

Di bursa AS, 7,75 miliar saham berpindah tangan pada Jumat (23/12/2022) dibandingkan dengan rata-rata 11,41 miliar untuk 20 sesi terakhir.

Baca juga: Wall Street jatuh terseret kekhawatiran suku bunga dan resesi ekonomi
Baca juga: Pasar saham Asia bergabung Wall Street menguat, yen terus naik
Baca juga: Wall Street berakhir menguat, catat kenaikan harian terbesar Desember

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022