Jakarta (ANTARA) - Sebuah pesawat penumpang tiba di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut pada Jumat (23/12) pagi menandai peresmian bandara dataran tinggi pertama di daerah tersebut.

Lepas landas dari Urumqi, ibu kota daerah otonom tersebut, pada pukul 08.57 waktu setempat, penerbangan CZ5193 yang dioperasikan oleh China Southern Airlines itu mendarat di bandara Taxkorgan pada pukul 10.59 waktu setempat.

Terletak di ketinggian 3.258 meter di atas permukaan laut, bandara ini menjadi bandara transportasi yang berlokasi paling barat di China.

Dilengkapi dengan landasan pacu sepanjang 3.800 meter, bandara ini dirancang untuk menangani throughput tahunan 160.000 penumpang serta 400 ton kargo dan pos. Pembangunan bandara tersebut dimulai pada 2020, dengan investasi lebih dari 1,6 miliar yuan (1 yuan = Rp2.233). 
 
Foto yang diabadikan pada 23 Desember 2022 ini menunjukkan pemandangan bandara Taxkorgan di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut. (Xinhua/Li Xiang)Penerbangan pertama mendarat di bandara Taxkorgan di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei)
 
Penerbangan pertama mendarat di bandara Taxkorgan di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei)Sejumlah penumpang turun dari penerbangan pertama di bandara Taxkorgan setelah mendarat di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei)
 
Sejumlah penumpang turun dari penerbangan pertama di bandara Taxkorgan setelah mendarat di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei)Penerbangan pertama melakukan taxi di bandara Taxkorgan di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei)
 
Penerbangan pertama melakukan taxi di bandara Taxkorgan di Wilayah Otonom Etnis Tajik Taxkorgan, Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, pada 23 Desember 2022. (Xinhua/Ding Lei
 
 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022