Mentok, Babel (ANTARA) - Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pengawasan aktivitas pengunjung beberapa objek wisata pantai untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

"Pada masa libur Natal dan tahun baru ini terjadi peningkatan jumlah kunjungan di beberapa objek pantai yang selama ini menjadi tujuan utama para wisatawan, seperti Pantai Baturakit dan Pantai Asmara," kata Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Sabtu.

Di saat bersamaan dengan libur akhir tahun, saat ini sedang terjadi pergantian musim yang dibarengi dengan potensi cuaca ekstrem yang bisa membahayakan para pengunjung saat berenang di pantai.

"Cuaca sering berubah secara cepat, terjadi angin kencang yang bisa mengakibatkan tinggi gelombang meningkat dan arus deras, yang bisa membahayakan pengunjung yang sedang mandi di tepi pantai," katanya.

Untuk itu, dihimbau kepada seluruh pengunjung pantai agar jangan melepaskan pengawasan kepada anak-anak saat mandi di pantai, apalagi pada saat cuaca kurang sahabat.

Guna meningkatkan pelayanan, kata dia, Satpolir Polres Bangka Barat juga mendirikan posko pemantauan di Pantai Baturakit Mentok guna memantau, melayani dan mengawasi aktivitas para wisatawan di pantai tersebut.

Pos pantau tersebut dengan tujuan untuk mengamankan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat wisatawan lokal maupun luar yang menikmati liburan Natal dan tahun baru di Pantai Baturakit dan Pantai Asmara yang letaknya berdekatan.

Dengan adanya pos pantau itu diharapkan bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memudahkan dalam memberikan imbauan untuk keselamatan bersama.

Personel yang terlibat dalam pengamanan ini antara lain, personel Satpolair Polres Bangka Barat, Kapal Patroli 2005 Direktorat Polairud, Kapal Patroli GAGAK Baharkam Polri, Personel Pos TNI AL Mentok dan Basarnas.

"Kami juga menyiapkan alat-alat keselamatan di pos pantau sebagai kesiapan dalam memberikan pertolongan cepat pada saat dibutuhkan," ujarnya.

Ia berharap seluruh pengunjung tetap waspada untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan sehingga masa libur akhir tahun ini bisa berjalan dengan aman, tertib dan nyaman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022