Baubau (ANTARA) - Personel Kepolisian Resor (Polres) Kota Baubau Sulawesi Tenggara menggelar patroli dengan menyambangi sejumlah gereja-gereja yang ada di daerah itu guna memastikan keamanan menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pelaksana harian (Plh) Kapolres Baubau AKBP Suharman Sanusi melalui Kasat Samapta Laode Maktubu dalam keterangan tertulis yang diterima di Baubau, Sabtu mengatakan kegiatan patroli dialog yang rutin tiap hari dilaksanakan merupakan wujud nyata kehadiran Polri untuk selalu memastikan situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif.

"Tentunya ini dilakukan agar sehingga warga masyarakat dapat beraktivitas dengan baik dan nyaman tanpa ada rasa takut ataupun gangguan," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan patroli gereja adalah sebagai bentuk kewaspadaan jelang hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Dalam kegiatan patroli tersebut pihaknya memastikan agar umat Kristiani dapat beribadah dalam keadaan aman dan nyaman ketika Natal.

"Kami mengimbau kepada jemaat untuk waspada akan gangguan kamtibmas terutama menjelang Natal dan Tahun Baru, semoga aman dan terkendali, tanpa ada gangguan kamtibmas sama sekali," ujarnya.

Dia menyampaikan pelaksanaan patroli ke tempat ibadah dipimpin Kepala Satuan Samapta bersama 15 personel dengan mengendarai sembilan unit sepeda motor trail mengunjungi sejumlah gereja yakni, Gereja Lelemangura di Jalan Budi Utomo.

Selanjutnya GPIB di Jalan Jendral Sudirman, Gereja Santo Paulus di Jalan Ahmad Yani serta di tempat keramaian masyarakat Benteng Keraton dan Pantai Kamali Kota Baubau.

Petugas patroli juga berdialog dengan pengurus gereja memberikan imbauan menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 untuk selalu waspada dan berhati-hati terhadap orang-orang yang tidak dikenal mencoba masuk gereja.

"Tentunya dalam menciptakan keamanan, kenyamanan dan kondusifitas daerah tidak terlepas juga dari peran serta semua pihak, olehnya mari terus bersama-sama menjaga kekompakan dan kebersamaan dengan baik," kata Laode Maktubu.

Pewarta: Muhammad Harianto/Yusran
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022