Belitung (ANTARA) -

Pastor Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, RD Fransiskus Paskalis mengatakan Natal 2022 adalah momentum untuk mengubah diri menjadi lebih baik ke depan.

"Setiap tahun kita merayakan Natal harapannya adalah hari ini harus berbeda dengan kemarin, hidup kita harus lebih baik," katanya di Tanjung Pandan, Minggu

Ia berharap Natal yang dirayakan setiap tahun membawa semangat perubahan bagi umat Katolik yang merayakannya.

Menurut dia, barangsiapa yang merayakan Natal akan tetapi tidak mengalami perubahan dalam dirinya maka bisa jadi mereka tidak menghayati Natal secara sungguh-sungguh.

Baca juga: Bupati Belitung pastikan perayaan Natal 2022 kondusif

"Kalau setiap tahunnya tetap sama saja berarti kita tidak menghayati Natal," ujarnya.

Selain itu, kata dia, bagi setiap umat Katolik yang merayakan Natal semestinya merasakan bahwa Yesus lahir di dalam hatinya.

Apabila seseorang menganggap Yesus telah lahir di dalam hatinya, menurut dia, berarti hidupnya harus mencerminkan kepribadian hidup Yesus.

"Kata-katanya, perbuatannya, dan tindakannya harus seperti Yesus yakni rendah hati, saling mengasihi, dan tidak pernah membenci itu adalah makna damai Natal," katanya.

Baca juga: Gereja bangun pohon Natal empat meter dari daun sawit di Belitung

RD Fransiskus Paskalis menambahkan, tema Natal 2022 Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan adalah Umat Paroki Regina Pacis Bersukacita Menjadi Gereja Partisipatif-Sinodal: Berpusat Pada Kristus Persekutuan-Misi.

Ia mengatakan, tema ini dipilih karena berkaitan dengan tahun syukur yakni 100 tahun Keuskupan Pangkal Pinang.

"Kami bersukacita menjadi gereja yang partisipatif, gereja yang menginginkan semua umatnya terlibat bersama-sama menjadi dekat dengan Tuhan yang kami imani, antarsesama umat beragama yang lain ada kekeluargaan sehingga damai Natal ada di hati kita semua," ujarnya.

Ia menilai perayaan Natal tahun ini lebih meriah dibandingkan dua tahun sebelumnya karena kasus COVID-19 terus melandai.

Baca juga: Gereja ajak umat Nasrani hidup sebagai sahabat bagi semua orang

"Kesannya tahun ini lebih ramai dan meriah, umat lebih banyak dan ramai yang datang beribadah," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022