Tema pohon Natal ini memang sengaja dibuat dengan daun kelapa sawit sebagai bentuk kampanye ramah lingkungan
Belitung, Babel (ANTARA) - Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun pohon Natal setinggi empat meter dari daun kelapa sawit.

Sekretaris Panitia Perayaan Natal Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan, Djohan Wijaya di Tanjung Pandan, Sabtu mengatakan pohon Natal yang dibuat dari kelapa sawit agar ramah lingkungan.

"Tema pohon Natal ini memang sengaja dibuat dengan daun kelapa sawit sebagai bentuk kampanye ramah lingkungan," katanya.

Baca juga: Pj Gubernur DKI sambangi Gereja Katedral cek pelaksanaan Misa Natal

Menurut dia, selain itu, pohon Natal berbahan daun kelapa sawit tersebut selaras dengan Pulau Belitung yang memiliki potensi kelapa sawit.

"Kemudian di Belitung ini juga banyak kelapa sawit jadi memang kita mengambil simpel namun tetap mengedepankan kampanye ramah lingkungan," ujarnya.

Dikatakan Djohan, setiap perayaan Natal, Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan selalu membangun pohon Natal yang ramah lingkungan.

Baca juga: Kapolda Jambi cek pengamanan jelang malam misa natal

"Kalau dulu kami membuat pohon Natal dari barang bekas, sebelumnya kami juga membuat pohon Natal menggunakan boneka dan lain sebagainya," kata dia.

Djohan menambahkan, persiapan pelaksanaan ibadah Misa Natal di Gereja Katolik Paroki Regina Pacis Tanjung Pandan telah mencapai 90 persen.

Ibadah Misa Malam Natal akan dilaksanakan pada, Sabtu malam pukul 19.00 WIB.

Baca juga: Kapolda NTT imbau warga tak nyalakan petasan saat malam Natal

Dirinya menyebutkan, diperkirakan sebanyak 800 umat Katolik di daerah itu akan menghadiri pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal nanti.

Pihak panitia, lanjut dia, telah menyiapkan posko kesehatan bagi para umat yang sakit atau mengalami gangguan kesehatan saat mengikuti jalannya ibadah.

"Sehingga saat ini kondisinya sudah benar-benar siap. Kami berharap malam nanti kegiatan berjalan lancar," katanya.

"Kami juga sudah menerima informasi bahwa dari GP Ansor akan melakukan pengawalan dan pelaksanaan ibadah Misa Malam Natal nanti," ujarnya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022